BAB 1 (PART 1) OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA - SMP Negeri 1 Karangampel

BAB 1 (PART 1) OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

BAB 1

(PART.1)
OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

Dalam ilmu pengetahuan alam, pengamatan juga dilakukan lho, yuk kita pelajari kenapa pengamatan digunakan dalam ilmu pengetahuan alam.
Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah sebuah ilmu yang berkembang dari hasil pengamatan para ilmuwan zaman dahulu. Pengamatan yang mereka lakukan akan dijadikan sebuah perkiraan (hipotesis), sebelum nantinya akan dijadikan suatu teori. Teori yang para ilmuwan temukan itu nantinya digunakan untuk menguak kejadian/fenomena alam yang terjadi.

A. PENYELIDIKAN IPA
Pengamatan dalam IPA atau bisa juga disebut dengan pengamatan ilmiah IPA. Pengamatan ini mempunyai beberapa langkah yang harus kamu lalui, langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Pengamatan

Penggunaan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang objek yang sedang diamati

 

 


2. Pembuatan Inferensi

Pembuatan inferensi adalah membuat deskripsi berdasarkan hasil pengamatan, penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola atau hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan

 

 

3. Mengomunikasikan

Hal ini adalah tahap di saat kita memberi tahu orang-orang atas apa yang telah kita amati. Hal yang kamu komunikasikan bisa macam-macam lho, seperti tabel, grafik, atau gambar yang relevan.

 

B. MANFAAT MEMPELAJARI IPA
a). Memahami berbagai hal di sekitar kita

misalnya kenapa matahari bersinar? Atau kenapa pelangi warnanya 7?
b). Meningkatkan kualitas hidup

karena pengamatan, kamu bisa menentukan tanaman apa yang cocok ditanam di kebun kamu yang berada di kaki gunung
c). Menyelesaikan masalah

misalnya kamu bertemu aliran air kotor, tetapi digunakan untuk mandi oleh masyarakat sekitar, kamu bisa membuat penyaring sederhana untuk membuatnya menjadi bersih.
d). Berpikir logis dan sistematis,

membuat kamu terbiasa berpikir secara berurutan, dan menggunakan logika ilmiah dalam menyimpulkan sesuatu

Pengamatan ilmiah IPA mempunyai 4 fokus utama, fokus ini adalah bidang keilmuan dalam IPA yang lebih di khususkan untuk melihat suatu permasalahan dan mencari pemecahannya, yaitu:

C. Fokus Pengamatan Ilmiah IPA

 

Bagaimana? kalian udah ngerti kan kenapa kita harus melakukan pengamatan ilmiah IPA. Banyak banget kan manfaat buat hidup kita. Selain itu dengan melakukan pengamatan, kalian dapat menjadi orang yang lebih peka terhadap lingkungan, siapa tahu kalian dapat menemukan spesies binatang baru karena pengamatan dan jadi terkenal.

jika sudah memahami materi diatas, yuu isi form berikut ini :

Likes:
31 1
Article Categories:
IPAKELAS VII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.