BAB 3 RELASI DAN FUNGSI – Menyatakan Relasi dan Konsep Fungsi (Domain, Kodomain, Range)

Halo siswa nesaka.. Saat ini kita memasuki BAB 3 RELASI DAN FUNGSI, adapun materi yang dibahas mengenai Menyatakan Relasi dan Konsep Fungsi (Domain, Kodomain, Range)Yuk langsung baca penjelasannya di bawah ini. Selamat belajar!

Social Network Made Of Many Hands In A Group Under A Sky With Clouds Stock Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 21852141.

Sumber: 123rf.com

Pernahkah kamu mendengar kata relasi atau hubungan? Tentunya kamu pernah mendengarnya bukan? Sebagai contoh, relasi atau hubungan antara kamu dengan adikmu adalah sebagai saudara, relasi atau hubungan antara kamu dan beberapa teman di kelasmu adalah sebagai sahabat. Dalam matematika terdapat pula istilah relasi. Sebagai contoh, relasi atau hubungan antara angka 3  dengan angka 9 adalah akar kuadrat dari atau bisa juga relasi atau hubungannya adalah kurang dari. Selain relasi, terdapat pula istilah fungsi. Perhatikan uraian berikut. Setiap orang pasti hanya mempunyai satu tempat tanggal kelahiran, tidak mungkin lebih dari satu. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada beberapa temanmu yang memiliki tempat kelahiran yang sama. Relasi tempat tanggal kelahiran disebut sebagai fungsi.

Berdasarkan uraian di atas, dapatkah kamu membedakan suatu relasi dengan fungsi? Coba kamu berikan contoh relasi yang bisa disebut sebagai fungsi. Lalu bagaimana fungsi dalam matematika? Untuk dapat mengetahuinya, simaklah uraian materi dalam bab ini dengan baik.

Relasi

1. Pengertian Relasi

Relasi adalah hubungan antara anggota suatu himpunan dengan anggota himpunan yang lain. Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah menghubungkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B.
Contoh:
Himpunan A = {1, 2, 3} dan B = {A, B, C}. Anggota-anggota himpunan A dan B dapat dihubungkan dengan relasi yaitu “faktor dari.

2. Cara Menyatakan Relasi

Cara menyatakan relasi dapat dilakukan dengan:

a. Diagram Panah

Contoh di atas dapat dinyatakan dengan diagram panah sebagai berikut:

Diagram Panah

b. Diagram Kartesius

Contoh di atas dapat dinyatakan dengan diagram kartesius sebagai berikut:

Diagram Cartesius

c. Himpunan Pasangan Berurutan

Contoh di atas dapat dinyatakan dalam himpunan pasangan berurutan dengan memasangkan secara berurutan anggota-anggota himpunan A dan anggota-anggota himpunan B yaitu:
{(1, A), (1, B), (2, B), (3, B), (3, C)}

Fungsi (Pemetaan)

1. Pengertian Fungsi (Pemetaan)

Fungsi dari himpunan A ke himpunan B merupakan relasi yang menghubungkan setiap anggota himpunan A ke tepat satu anggota himpunan B.

Contoh Pemetaan/Fungsi:

Contoh Pemetaan/Fungsi

Contoh Bukan Pemetaan/Fungsi:

Bukan Contoh Pemetaan/Fungsi

Tidak semua anggota himpunan A dihubungkan dengan anggota himpunan B.

2. Konsep Fungsi (Domain, Kodomain, Range)

Domain = daerah asal
Kodomain = daerah kawan
Range = daerah hasil

Himpunan A = {1, 2, 3} disebut domain
Himpunan B = {A, B, C} disebut kodomain
Hasil pemetaan yaitu {A, B} disebut range

 

Referensi

https://pabaiq.blogspot.com/2019/10/rangkuman-materi-relasi-dan-fungsi-matematika-smp-mts-kelas-8-kurikulum-2013.html

 

Video Pembelajaran

Silakan kalian simak juga video pembelajaran berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.