BAB.I. INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA-NEGARA ASEAN

Assalamualaikum, salam sehat dan selalu semangat , smoga kalian  semua selalu dalam lindunganNYA Aamiin

Materi :

Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang

Teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah teknologi transportasi dan teknologi komunikasi .Teknologi transportasi dimanfaatkan untuk memindahkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain , Teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk bertukar informasi , Teknologi Produksi di gunakan untuk memproduksi sandang , pangan ,dan papan .

Segala macam jenis teknologi bermanfaat karena memudahkan pekerjaan manusia sebagai contoh :

a. teknologi transportasi : berbagai  macam bentuk alat transportasi dapat di jumpai baik ,darat ,laut dan udara .Ilmu dan pengetahuan yang semakin luas telah memungkinkan perkembangan berbagai macam alat transportasi yang nyaman , cepat dan dengan tingkat keamanan yang tinggi . Kereta cepat monorel , pesawat terbang , namun demikian alat transportasi tradisional yang belum menggunakan mesin masih bisa di jumpai dan bertahan sampai saat ini.

Adanya perkembangan teknologi transportasi membawaperubahan aktifitas manusia yang berakibat terhadap perubahan tata kehidupan .

Perkembangan sarana transportasi membutuhkan ruang sebagai sarana ataupun prasarana . Pembangunan prasarana transportasi akan mengutau sawah di ubah untuk membangun jaringan jalan bah kondisi wilayah disuatu negara . lahan -lahan produktif seperti lhutan atau sawah diubah untuk membangun jaringan jalan .Dibeberapa negara ASEAN rekayasa jaringan lalu lintastransportasi darat sudah sangat canggih Singapura dan Thailand lain mengembangkan jaringan transportasi darat bawah tanah .

b. Teknologi Komunikasi

Komunikasi merupakan cara manusia saling berhubungan atau berinteraksi .

Ilmu pengetahuan telah berjasa mengubah perkembangan teknologi komunikasi menjadi semakin cangkih . Teknologi komunikasi memungkinkan informasi dapat menyebar luas dalam waktu yang singkat .Berbeda dengan keadaan pada masa lalu ketika komunikasi masih menggunakan surat yang membutuhkan waktuyang lama.

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara ASEAN sebagai akibat perkembangan teknologitransportasi dan komunikasi dapat dilihat contohnya dalam berbagai aspek  antara lain , aspek , S, Budaya , dan Keamanan. Vidio Pembelajaran osial ,Ekonomi

Video Pembelajaran

Jawablah pertanyaan di bawah ini :

Likes:
20 3
Views:
1283
Article Categories:
IPSKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.