BAB.II PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN( Mujinah Kelas VIII-A B,C ,D,E F,DAN G )C

C. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial

MATERI 9

KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

A. Tujuan Pembelajaran :

  1. Menjelaskan pengertian konflik
  2. Mengidentifikasi Faktor- faktor penyebab konflik
  3. Pengertian Integrasi Sosial
  4. Syarat terjadinya Integrasi Sosial
  5. Faktor pendorong dan penghambat Integrasi Sosial .

B Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian K0nflik adalah  :Suatu proses sosial antara dua orang atau lebih di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain lain dengan menghancurkan nya atau membuat tidak berdaya . Konflik bisa terjadi pada semua orang  baik individu dan kelompok dengan kelompok. dengan kelompok . sebagai contoh : pertengkaran antar teman di sekolah dan digolonngkan konflik antar individu .Sedangkan konflik antara  kelompok dan kelompok contoh nya : konflik para pedagang kaki lima dengan para petugas ketertiban .bahkan dapat melibatkan  dalam skala lebih luas. contoh konflik antar suku  bahkan antar Bangsa.
  2. Faktor-faktor penyebab konflik sosial : antara lain : a. perbedaan individu   b Perbedaan Latar belakang kebudayaan  c. perbedaan kepentingan . d Perubahan -perubahan nilai yang cepat . Akibat konflik sosial  antara lain :Meningkatnya Soolidaritassesama anggota kelompok . b. Terjadinya Perubahan Kepribadian para individu . c. Rusak nya harta benda dan bahkan hilangnya nyawa  manusia . Cara Menangani Konflik  : a. menghindar  b  memcaksakan kehendak ,c . Menyesuaikan kepada keinginan orang lain . d Kaloborasi dan tawar Menawar .
  3. Pengertian Integrasi Sosial adalah ; Proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan . Menurut Baton Interaksi adalah : Suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat.
  4.  Syarat-syarat terjadinya Integrasi Sosial ada tiga yaitu : a. Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan -kebutuhan mereka . b. Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan bersama mengenai nilai dan norma . c. Nilai dan norma sosial itu berlaku cukup lma di jalankan secara konsisten . Sedangkan bentuk -bentuk Integrasi sosial ada 3 yaitu : a. integrasi normatif  b Integrasi fungsional   . c. Integrasi kuersif , Sedangkan proses integrasi dilakukan melalui dua hal yaitu: a. Asimilasi yaitu :bertemunya dua kebudayaan atau lebih yang saling memengaruhi sehingga memunculkan kebudayaan baru dengan meninggalkan sifat asli tiap-tiap kebudayaan . b. Akulturasi adalah : Proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing / baru sehingga kebudayaan asing diserap/ diterima dan diolah dalam kebudayaan sendiri tanpa meninggalkan sifat asli kebudayaan penerima.
  5. Faktor Pendorong dan penghambat Integrasi Sosial
    1. Faktor  pendorong Integrasi Sosial yaitu: a. sikap saling menghargai  b perkawinan campuran  c toleransi d. kesempatan yang seimbang  e adanya musuh bersama dari luar f. sikap terbuka .
    2. Faktor penghambat Integrasi Sosial yaitu: a. persaingan tidak sehat  b Fanatisme yang berlebihan karena perbedaan  ras  etnis agama  kebudayaan dan lain sebagainya  c prasangka buruk yg di latar belakangi cemburu sosial . d. perbedaan perlakuan para pemimpin terhadap warganya .

Kerjakan latihan soal yang ada di bawah ini !

Likes:
13 1
Views:
738
Article Categories:
IPSKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.