BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

KD.3.2 . Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budayaserta pengembangan kehidupan kebangsaan

Indikator ;

Mendifinisikan Mobilitas Sosial

Mengklasifikasikan Bentuk- bentuk Mobilitas Sosial .

Materi

A. Mobilitas Sosial

Mobilitas Sosial adalah Perpindahan posisi seseorang atau sekelompokorang dari suatu lapisan ke lapisan lain . Atau seseorang yang berubah kedudukan (status )sosial darisuatu lapisan ke lapisan lain seperti menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelum nya atau hanya berpindah peran tanpa berubah kedudukan

Bentuk -bentuk Mobilitas Sosial :

  1. Mobilitas Vertikal : Perpindahan seseorang atau kelompokdari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat .Mobilitas Sosial ada2 jenis yaitu : Sosial Climbing ( berpindah ke tingkat lebih tinggi ) dan Sosial Sinking ( berpindah ke tingkat lebih rendah )
  2. Mobilitas Horizontal : Perpindahan status sosial seseorang atau sekelompokorang dalam lapisan sosial yang sama , tidak terjadi perubahan derajat kedudukan seseorang .

Fator-faktur Pendorong Mobilitas Sosial  :

1. Struktural ; Struktur masyarakat Indonesia sangat terbuka ,orang miskin dapat mengalami mobilitas sosial setinggi -tingginya , bahkan bisa menjadi presiden .

2. Individu ;Setiap Individu memiliki perbedaan dalam hal sikap .pengetahuandan ketrampilan .

3. Sosial ;Saat dilahirkan , tidak ada satu manusia pun dapat memilih status . Apabila tidak puas dengan kedudukan yang diwariskan oleh orangtuanya , ia dapat mencari kedudukannya sendiri di lapisan sosial yang lebih tinggi

4. Ekonomi Keadaan ekonomi yang baik memudahkan individu dan kelompok melakukan mobilitas sosial .

5. Politik : Indonesia memiliki stabilitas politik yang baik , sehingga para pemimpin dapat menjalankan pembangunan dengan baik .

6. Kemudahan Akses Pendidikan  : Pada zaman penjajahan , pendidikan sulit didapatbangsa Indonesia . Sebagian besar masyarakat tidak bisa membaca.

Faktor-faktor  Penghambat Mobilitas Sosial

  1. Kemiskinan :  Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah , yang berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia Akibatnya , tingkat kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan terbatas .
  2. Diskriminasi : Diskriminasi berarti pembedaan perlakuan karena alasan perbedaan suku , ras ,agama ,golongan . pada masa penjajahan terjadi diskriminasi pemerintah Hindia Belanda terhadap masyarakat keturunan Eropa dan masyarakat Indonesia .

 

Video Pembelajaran Mobilitas Sosial

 

Setelah kalian tonton video diatas silahkan kalian kerjakan latihan soal yang ada di bawah ini dengan tepat !

Likes:
26 3
Views:
5010
Article Categories:
IPSKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.