BAB II TEKS IKLAN, SLOGAN, ATAU POSTER

KD 4.3 MENYIMPULKAN ISI IKLAN, SLOGAN, ATAU POSTER

 

A. IKLAN

Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi:

  1. Iklan pemberitahuan
  2. Iklan layanan masyarakat
  3. iklan penawaran

 

Klasifikasi atau penggolongan iklan sebagai berikut :

  1. Iklan strategis digunakan untuk membangun merek atau citra positif suatu perusahaan.
  2. Iklan taktis dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respon dengan merek tertentu. Pada umumya iklan memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.

 

Tujuan atau fungsi iklan:

  1. Menawarkan produk
  2. Membentuk gaya hidup , kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat.
  3. Memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk ( fungsi informasional )
  4. Berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, eknik-teknik mencapai sukses ( fungsi transformasional )

 

B. POSTER

Berdasarkan isinya isinya, poster dibedakan menjadi:

  1. Poster niaga adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang/dan atau jasa.
  2. Poster layanan masyarakat adalah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal.
  3. Poster kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan misalnya jalan sehat, tujuh belasan dan sebagainya.
  4. Poster pendidikan adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar yang bersifat mendidik atau memberikan pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

 

Klasifikasi atau penggolongan poster  berdasarkan tujuan yaitu :

  1. Poster kampanye
  2. Poster film
  3. Poster buku atau komik
  4. Poster propaganda

 

Tujuan atau fungsi poster:

  1. Untuk mempromosikan produk
  2. Untuk keperluan promosi
  3. Untuk menyampaikan pesan

 

C. SLOGAN

Berdasarkan isinya, slogan dibedakan menjadi :

  1. Slogan pendidikan adalah slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, ajakan, dan motivasi dalam dunia pendidikan.
  2. Slogan kesehatan
  3. Slogan peduli lingkungan
  4. Slogan pemasaran produk/bisnis

 

Klasifikasi atau penggolongan slogan berdasarkan tujuan:

  1. Untuk menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat
  2. Untuk memberikan pengertian kepada masyarakat sehingga menjadi sadar tentang suatu hal
  3. Untuk menyampaikan himbauan bagi publik
  4. Untuk mempengaruhi publik agar mengikuti pesan dalam slogan
  5. Untuk memberikan motivasi, dan ajakan

 

Tujuan/fungsi slogan:

  1. Untuk memberitahukan/atau menyampaikan informasi
  2. Untuk menyadarkan warga masyarakat
  3. Untuk mengimbau orang lain
  4. Untuk mempengaruhi orang lain
  5. Untuk memotivasi orang lain

 

PELAJARI MATERI TERSEBUT KEMUDIAN JAWABLAH-PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT !

  1. Jelaskan maksud slogan berikut ke dalam beberapa kalimat !

2. Jelaskan maksud poster berikut  ke dalam beberapa kalimat!

3. Jelaskan maksud iklan berikut  ke dalam beberapa kalimat!

 

 

Likes:
28 1
Views:
1367
Article Categories:
Bahasa IndonesiaKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.