BAB II TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

MATERI PEMBELAJARAN HARI JUMAT, 03 SEPTEMBER 2021 UNTUK KELAS VIIIA – VIIIE

( RANGUMAN BUKU PAKET HALAMAN 41 – 54 )

 

KD 3.4 MENELAAH POLA PENYAJIAN,STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN, SLOGAN, ATAU POSTER

Dalam penyajian secara lisan, iklan dapat kita simak melalui radio dan televisi. Khususnya iklan di televisi ataupun dalam laman-laman internet, iklan merupakan gabungan teks lisan, tulis, dan gerak. Bentuk-bentuk iklan tersebut tentu saja memiliki karakteristik masing-masing dalam pola penyajiannya.

A. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, dan gambar. Iklan di media cetak memiliki beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau space-nya.

  1. Iklan baris adalaj iklan yang pemasangannya berbaris-baris, penyingkatan kata, tidak ada gambar, dan         dimanfatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil. Contoh : a)  DIJUAL TANAH LUAS 150 BT LOKASI OJEK WISATA SITU GEDE HUB. BPK YAYAN TLP 022 3221971    b)  JUAL RUMAH SEMI VILLA LS 174 BT BH KOLAM, AIR BAGUS, CCK UTK PERISTIRAHATAN HUB 3283799 (TP)
  2. Iklan kolom adalah iklan yang pemasangannya dalam media berupa kolom-kolom, menggunakan teks, terkadang menyertakan gambar, dan berbagai ilustrasi menarik lainnya. Contoh :

 

B. Iklan Elektronik

Merupakan iklan berbasis perangkat elektronik yang meliputi unsur:

  1. Iklan radio yang mengandalkan efek suara, baik berupa ucapan, musik maupun bunyi-bunyi.
  2. Iklan televisi mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.
  3. Iklan film/sinema yang biasanya muncul sebelum film utama diputar.

Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi:

  1. Iklan pemberitahuan yang berfokus pada kepentingan khalayak/masyarakat mengenai suatu hal baik peristiwa, keadaan atau lainnya.
  2. Iklan layanan masyarakat yang bertujuan memberikan pelayanan atau penjelasan kepada masyarakat, mislnya iklan Keluarga Berencana, iklan bahaya narkoba dan sebagainya,
  3. Iklan penawaran yang bertujuan menawarkan produk barang atau jasa.

 

STRUKTUR TEKS IKLAN

Meliputi:

  1. Pengenalan produk, berupa judul produk
  2. Pernyataan persuasif berisi pernyataan yang mendorong pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu.Biasanya berupa pernyataan tentang kelebihan produk yang ditawarkan.

 

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS IKLAN

  1. Bersifat imperatif yaitu berupa ajakan, dorongan, permintaan, atau larangan  contohnya  menggunakan kata-kata ikutilah, ayolah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, janganlah.
  2. Menggunakan bahasa ringkas, mudah diingat, dan mudah dipahami, tidak berbelit-belit dan jelas.
  3. Pilihan kata/diksi yang berima dan memiliki banyak persamaan bunyi.
  4. Memberikan kesan positif tentang produk yang ditawarkan.

 

LANGKAH-LANGKAH MENULIS IKLAN

  1. Mulailah iklan dengan penawaran menarik kepada khalayak/masyarakat, contohnya   a)  Anda ingin menurunkan berat badan?   atau  b) Anda sering stres?
  2. Menawarkan solusi contohnya  a) “Ramuan Jamu Cantik”mampu menurunkan berat badan.   b) Pijat refleksi mampu mengurangi stres.
  3. Menunjukkan bukti contonya  a) badan Anda akan turun dalam waktu satu minggu. Ada 11.500 orang sudah membuktikannya dengan menggunakan produk kami.  b)  Anda akan merasa relaks dengan metode pemijatan dari kami.
  4. Mengajukan harga contoh a) Jika Anda ingin menurunkan berat badan sekarang, pesanlah segera ramuan ini dengan harga…..   b) Hanya dengan…..badan Anda sudah segar kembali.

 

CATATLAH MATERI DI ATAS PADA BUKU CATATAN DAN JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT ( PADA BUKU TUGAS )!

Perhatikan iklan berikut dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

  1. Apakah  isi iklan tersebut ?
  2. Permasalahan apakah yang diiklankan?
  3. Apakah solusi yang diberikan oleh iklan tersebut ?

CATATAN : TUGAS SILAKAN KIRIM KE LINK KANTONG TUGAS BAHASA INDONESIA JANGAN LUPA SEBELUM DIKIRIM TULIS NAMA, KELAS, DAN TANGGAL TUGAS. CATATAN MATERI TIDAK USAH DIKIRIM KE LINK KANTONG TUGAS DAN AKAN DICEK PADA SAAT PTM ( PEMBELAJARAN TATAP MUKA ).

Likes:
18 1
Views:
1911
Article Categories:
Bahasa IndonesiaKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.