BAB II TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

Materi pembelajaran hari Jumat, tanggal 20 Agustus 2021 untuk kelas VIII A – VIII E

 

KD. 3.3  MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS IKLAN, SLOGAN ATAU POSTER

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan. Hal ini dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan untuk mendorong atau membujuk khalayak/masyarakat.

Sekarang ini iklan sudah banyak digunakan untuk kepetingan-kepentingan:

  1. Bagi perusahaan sebagai bisnis komersial untuk menjual barang atau jasa.
  2. Bagi dunia perkantoraan untuk mendapatkan karyawan.
  3. Bagi pemerintahan untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
  4. Bagi perorangan untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan ( pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering disebut juga moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Contoh :

Berdiri sama tinggi duduk sama rendah . ( Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama)

Tiada hari tanpa prestasi . ( Slogan tentang pentingnya mengukir pretasi setiap hari )

Poster adalah plakat (kata-kata atau gambar yag dipajang ditempat-tempat umum. Poster berisi pemberitahuan suatu ide, hal baru atau hal penting kepada khalayak . Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata, di pasang di tempat umum dan menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.

UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN DAN POSTER

Unsur-unsur pembentuk iklan:

  1. Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisiatif , dan penyandang dana dari pemasangan suatu ikan
  2. Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
  3. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan saran-saran lainnya.
  4. Penerima adalah individu atau kelomok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
  5. Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
  6. Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respon yang dikehendaki dari penerima pesan.

Unsur-unsur pembentuk slogan :

  1. Kata-katanya singkat, menarik, dan mudah diingat
  2. Disajikan dalam bentuk frase, klausa, atau kalimat
  3. Merupakan semboyan suatu organisasi/masyarakat

Unsur-unsur pembentuk poster :

  1. Memiliki gambar, ilustrasi,foto dan warna yang mencolok sesuai dengan ide yang akan disampaikan.
  2. Pernyataan berupa frase, kalusa, atau kalimat yang efektif, sugestif, dan komunikatif.
  3. Tulisan dibuat dengan ukuran yang besardan mudah dilihat.

 

Contoh Iklan  1                                                                                    Contoh  Iklan  2

 

Contoh Slogan 1                                                 Contoh Slogan  2

       

 

Contoh Poster  1                                      Contoh poster   2

    

 

Pelajari materi di atas kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

  1. Tuliskanlah 4 fungsi iklan !
  2. Tuliskanlah 3 contoh slogan dengan tema Pendidikan !
  3. Jelaskan maksud pada contoh poster 1 ( silakan tulis dengan beberapa kalimat ) !

Jawaban tulis pada buku kemudian foto jangan lupa dituliskan nama lengkap, kelas, dan tanggal pelaksanaan dan kirim ke link berikut !

 

https://forms.gle/YS6s5EbNWYwemaFF6

Selamat mengerjakan jangan  lupa jaga prokes dan semoga sehat selalu…semangat Gan

Likes:
16 0
Views:
5678
Article Categories:
Bahasa IndonesiaKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.