BAB III TEKS EKSPOSISI KD 4.5 ( JUMAT, 01 OKTOBER 2021 ) UNTUK KELAS VIII A-VIIIE

KELAS VIII A – VIII E

HARI JUMAT, TANGGAL 01 OKTOBER 2021 PUKUL 07.20 – 08.30 WIB

MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB III TEKS EKSPOSISI

KD 4.5 MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI ( MATERI DICATAT PADA BUKU CATATAN )

 

Teks eksposisi memiliki bagian yang disebut rangkaian gagasan. Pada umumnya bagian tersebut berada di antara tesis dan penegasan ulang. Rangkaian gagasan dalam teks eksposisi berupa gagasan umum dan gagasan khusus.

Gagasan umum /gagasan utama / ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Keberadaan gagasan umum suatu teks atau paragraf dapat diketahui setelah membaca teks itu secara keseluruhan. Namun, tak sedikit pula paragraf yang menempatkan gagasan umumnya pada kalimat pertamanya.

Gagasan umum akan disertai gagasan-gagasan khusus / gagasan penjelas / gagasan pendukung. Gagasan tersebut dikembangkan berdasarkan gagasan umum. Gagasan umum dijabarkan lebih dari satu gagasan khusus.

Contoh:

(1) Kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah sembarangan merupakan penyebab dari rusaknya jalan dan banjir. (2) Secarik kertas dibuang oleh seorang pelajar, sebuat kantong plastik dilemparkan oleh seorang ibu sepulang dari pasar, dan selembar bungkus rokok dihempaskan seorang bapak, kemudian berkolaborasi dengan sampah-sampah dari ribuan warga lainnya. (3) Sampah-sampah bergabung dari berbagai tempat, memacetkan saluran-saluran air, meluap dan banjir. (4) Masyarakat mengeluh setiap hari melalui media cetak dan elektronik.

Kalimat nomor 1 berupa gagasan utama/gagasan umum/ide pokok.

Kalimat nomor 2 sampai dengan nomor 4 berupa gagasan khusus/gagasan penjelas/gagasan pendukung.

 

JENIS-JENIS PARAGRAF

Berdasarkan letak gagasan umumnya, paragraf terbagi ke dalam beberapa jenis, sebagai berikut.

  1. Paragraf deduktif yaitu paragraf yang gagasan umumnya terletak di awal paragraf atau berada dalam kalimat pertama.

Contoh : (1)Industrialisasi di negara kita mendorong didirikannya berbagai macam pabrik yang memproduksi beraneka barang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (2)Pabrik-pabrik itu memberikan lapangan kerja kepada ribuan tenaga kerja baik yang berasal dari masyarakat di sekitar pabrik maupun di daerah lain. (3) Dengan demikian, adanya adanya berbagai pabrik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (4)Di samping itu, aneka barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik tersebut telah meningkatkan ekspor nonmigas serta menghasilkan devisa bagi negara.

Keterangan :

Kalimat momor 1 ( gagasan umum )

Kalimat nomor 2,3,4 ( gagasan khusus )

 

2. Paragraf induktif yaitu paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.

Contoh:  (1) Gerakan pencinta alam dengan dasar”sadar lingkungan sehat” telah mulai menggejala di kalangan remaja. (2) Tak sedikit perkumpulan pecinta lingkungan yang anggotanya terdiri atas pelajar, baik pelajar SMP, SMA, maupun para remaja di lingkungan pesantren. (3) Keberanian untuk melakukan penelitian ilmiah semakin meluas, khususnya tingkat SMA. (4) Fenomena semacam itu merupakan bukti bahwa remaja pada tahun-tahun ini tidak semua bernilai negatif.

Keterangan :

Kalimat momor 1,2,3 ( gagasan khusus )

Kalimat nomor 4 ( gagasan umum )

 

3. Paragraf campuran yaitu paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan terakhir.

Contoh :  (1) saya berkeyakinan kalau Indonesia memfokuskan diri pada sektor agrobisnis, tak ada negara lain yang menandingi. (2) Masalah himpitan ekonomi telah mengoreksi nilai tukar rupiah. (3) Dalam hal ini pemerintah tidak perlu memaksa rupiah menguat. (4) Pemerintah harus menyesuaikan diri terhadap nilai tukar yang ada dengan mendorong industri sektor agrobisnis. (5) Bagi sektor agrobisnis, semakin melemah rupiah asal stabil maka akan semakin baik. (6)Apabila sektor ini berjalan baik, tidak mustahil negara kita menjadi negara yang tangguh ekonominya di dunia.

Keterangan :

Kalimat nomor 1 ( gagasan utama )

Kalimat nomor 2,3,4, 5 ( gagasan khusus )

Kalimat nomor 6 ( gagasan utama )

 

LATIHAN ( DICATAT PADA BUKU TUGAS )

Tulis dan tentukanlah jenis-jenis paragraf di bawah ini berdasarkan letak gagasan utamanya !

  1. Saat ini pasar untuk animasi remaja memang belum terbentuk. Di Indonesia, tayangan animasi remaja belum populer, baik di televisi maupun layar lebar. Berbeda dengan di Amerika atau Jepang, keberadaan animasi remaja sudah menjadi hal biasa.
  2. Bisa dikatan kalau acara ini akan berlangsung seru. Pasalnya, baru kali pertama kegiatan seperti ini digelar, apalagi kegiatannya tidak hanya berkeliling ke tiga wilayang di Jakarta. Ada acara puncak yang bakal digelar di Cafe Tenda Semanggi (KTS). Isinya lebih banyak berupa hiburan untuk anak-anak yatim. Tentu saja terbuka untuk umum dan mereka pun sangat tertarik dengan acara tersebut.

 

 

 

 

Likes:
17 2
Views:
772

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.