BAB V TEKS EKSPLANASI ( SENIN, 15 NOVEMBER 2021 PUKUL 08.00-10.00 WIB)

KD. 3.9 MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS EKSPLANASI BERUPA PAPARAN KEJADIAN SUATU FENOMENA ALAM

Peristiwa alam, seperti terjadinya hujan, gempa bumi, dan peristiwa alam lainnya, ataupun masalah sosial, budaya, politik dan ekonomi  dapat disajikan dalam bentuk teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah teks yang menguraikan serangkaian kejadian/peristiwa yang berfungsi menjelaskan kepada masyarakat mengenai proses terjadinya sesuatu yang disusun berdasarkan prinsip sebab akibat.

 

CIRI TEKS EKSPLANASI

1.Teks menjelaskan tentang fenomena alam atau peristiwa sosial.

2. Lebih banyak menggunakan kata kerja material ( verba material adalah kata yang berfungsi untuk menunjukkan aktivitas/perbuatan nyata, contohnya Ayah (aktor) membaca (verba material) koran ( sasaran). Kata kerja relasional adalah kata yang menunjukkan skistensi dari subjek contohnya adalah, merupakan, terlihat, terasa, bernama, bersifat. Contohnya Ia adalah siswa teladan.

3. Menggunakan konjungsi waktu misalnya bila, jika, sehingga, sebelum, pertama, kemudian.

4.Menggunakan kalimat pasif ( adalah kalimat yang predikatnya mempunyai objek, contohnya Ikan kakap digoreng ibu)

5. Menggunakan istilah ilmiah.

6. Bahasa ringkas, menarik, dan jelas.

 

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI:

  1. Pernyataan umum berisi informasi singkat mengenai apa yang dibicarakan tentang suatu topik. Hal yang dijelaskan proses keadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dan sebagainya. Memiliki pembukaan bersifat ringkas, menarik, jelas dan mampu membuat tertarik untuk membaca detailnya.
  2. Deretan penjelasan berupa urutan penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Misalnya menjelaskan proses keberadaan atau terjadinya sesuatu. Bagian ini menjelaskan tentang menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana yang jawabannya berupa pertanyaan.
  3. Interpretasi berupa pendapat singkat penulis sekaligus kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang dijelaskan. Bagian ini disebut penutup.

 

TUGAS :

Carilah  2 contoh teks eksplanasi beserta strukturnya di internet kemudian diprint out dan tempel pada buku tugas!

 

SILAKAN CATAT PADA BUKU CATATAN DAN KIRIM KE LINK ATAU WA GURU MATA   PELAJARAN BAHASA INDONESIA. TETAP SEMANGAT DEMI MERAIH CITA-CITA ANDA!

RAJIN PANGKAL PANDAI , MALAS PANGKAL BODOH

 

 

 

 

 

 

Likes:
10 0
Views:
606
Article Categories:
Bahasa IndonesiaKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.