BAB:II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN (MUJINAH ,8A,B,C,D,E,F,G)

SALURAN-SALURAN MUBILITAS SOSIAL DAN DAMPAK MOBILITAS SOSIAL

Tujuan Pembelajaran  :

Melalui pembelajaran Problim based Learning peserta didik diharapkan mampu

  1. Mengklasifikasikan  saluran-saluran Mobilitas Sosial
  2. Mengidentifikasikan dampak mobilitas sosial .

MATERI

Setiap orang dapat mewujudkan mobilitas sosial dilingkungan atau intansi tempat ia sedang bekerja /bekarya . sebagai contoh , Bagi seorang guru yang sedang bertugas di lembaga pendidikan , ia dapat mewujudkan mobilitas sosial di lembaga pendidikan tersebut. Seorang politikus di partai politik dapat melakukan mobilitas sosial di partai politik yang ia ikuti .

Berikut ini merupakan contoh Saluran -aluran mobilitas Sosial :

a. Pendidikan

pendidikan merupakan saluran bagi mobilitas vertikal yang sering digunakan ,karena melalui pendidikan orang dapat mengubah statusnya . Lembaga -lembaga pendidikan pada umumnya merupakan saluran yang konkrit dari mobilitas vertikal ke atas bahkan dianggap sebagai social elevator(perangkat )yang mengangkat seseorang dari kedudukan yang rendah ke kedudukan yang lebih tinggi . pendidikan memberikan kesempatan  pada setiap orang untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi . contoh Seorang anak dari keluarga miskin mengenyam sekolah sampai jenjang perguruan tinggi .setelahia memiliki pengetahuan dagang dan menggunakan pengetahuan nya itu untuk berusaha,setelah ia berhasil menjadi pedagang / pengusaha , secara otomatis status sosialnya juga meningkat

b. Organisasi Politik

Orang yang meniti perjuangan karir di organisasi politik dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi.

Sebagai contoh ,Presiden Republik Indonesia pertama Ir Sukarno ,Ketika mendirikan Partai Naional Indonesia , Sukarno tidak memiliki jabatan di Pemerintahan , namun melalui perjuangan politiknya Sukarno semakin dikenal rakyat dan penjajah . Pada saat kemerdekaan , Sukarno dipilih menjadi Presiden Republik Indonesia .

di bawah ini gambar berbagai partai politik yang berkembang di Indonesia saat ini merupakan salah satu saluran mobilitas sosial

c. Organisai Ekonomi

Organisasi yang bergerak itu antara lain dalam bidang usaha maupun jasa umumnya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seseorang untuk mencapai mobilitas vertikal .Organisasi ekonomi antara lain koperasi dan badan usaha , yang tujuannya untuk mensejahterakan anggotanya , koperasi sekolah tentu akan mengutamakan pelayanan terhadap para peserta didik , demikian juga dengan koperasi-koperasi yang lain nya seperti koperasi nelayan , koperasi petani dan sebagainya . Melalui organisasi koperasi kesejahteraan anggota dapat di perjuangkan . Keberhasilan perjuangan koperasi mencerminkan keberhasilan perjuangan anggota -anggotanya .

d. Organisasi

Organisasi Profesi

Contoh organisasi profesi lainnya yang dapat di jadikan sebagai saluran mubilitas vertikal adalah Persatuan guru  Republik Indonesia ( PGRI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI karena organisai profesi merupakan himpunan orang-orang yang memiliki profesi yang sama sehingga mereka akan menjadi kompak memperjuangkan profesinya , sebagai contoh Organisasi profesi PGRI merupakan salah satu sarana perjuangan para guru dalam bidang pendidikan juga memperjuangkan peningkatan kesejahteraan guru . Perjuangan guru di perhatikan oleh pemerintah Indonesia sehingga kesejahteraan guru di Indonesia terus mengalami peningkatan .

DAMPAK MOBILITAS SOSIAL

Dampak terjadinya mobilitas sosial bersifat positif dan negatif

Berikat dampak positif mobilitas sosial

a. Mendorong Seseorang untuk Lebih Maju

b. Mempercepat TingkatPerubahan Sosial

c. Meningkatkan Integrasi Sosial

CONTOH GAMBAR DAMPAK MOBILITAS SOSIAL

DAMPAK NEGATIF MOBILITAS SOSIAL

  1. Terjadinya Konflik
  2. Gangguan Psikologis

CONTOH GAMBAR DAMPAK MOBILITAS SOSIAL

kerjakan latihan soal si bawah ini

Likes:
27 4
Views:
842
Article Categories:
IPSKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.