Jenis dan Karaketrisrik Dari Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Umbi dan Kacang-kacangan (8A-8D)

Jenis dan karakteristik

 Pengolahan Bahan Pangan Serelia, Umbi dan Kacang-kacangan

Peta Materi

A. Pengertian

1. Serealia

Serealia adalah jenis tumbuhan golongan tanaman padi-padian/rumput-rumputan yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati. Biji tumbuhan serealia adalah buah tipe khusus yang disebut karyopsis. Serealia kaya vitamain E dan B kompleks serta mineral.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah biji berukuran lebih besar dibandingkan serealia yang digunakan untuk bahan pangan manusia dan hewan ternak. . kacang-kacangan merupakan sumber energi dan mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, karbohidrat kompleks, folat dan vitamin.

3. Umbi

Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Perubahan ini berakibat pula pada perubahan anatominya. Organ yang membentuk umbi terutama batang akar dan modifikasinya. Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya.

B. Jenis dan Manfaat

1. Jenis Serealia dan Manfaatnya

a. Beras

Beras adalah butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam titik Beras mengandung karbohidrat yang kaya akan zat gula atau glukosa. Rasa manis dari kandungan glukosa merupakan sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endosperma, dan komposisi pada endosperma.
Beras Putih
Beras Merah
Beras Hitam
Ketan (Beras Ketan)
Ketan Hitam

b. Jagung

Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif.

Bagian yang kaya akan karbohidrat adalah bagian biji. Tanaman jagung sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan. Hampir seluruh bagian tanaman jagung dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan antara lain:

  • Batang dan daun muda untuk pakan ternak batang dan daun tua setelah panen untuk pupuk hijau atau kompos.
  • Batang dan daun kering untuk kayu bakar
  • Batang jagung untuk kelancaran atau turus
  • Batang jagung untuk full atau bahan kertas
  • Buah jagung muda untuk sayuran, bergedel, bakwan, dan sambal goreng.
  • Biji jagung tua untuk pengganti nasi, marning, brondong, roti jagung, tepung bihun, bahan campuran kopi bubuk, biskuit, kue kering, pakan ternak, bahan baku industri, industri farmasi, dekstrin, perekat, dan industri tekstil.
    Selain sebagai sumber kaarbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (biji), dibuat tepung (biji, dikenal dengan tepung maizena) dan bahan baku industri (tapung biji dan tepung tongkolnya)
    c. Gandum

Di Indonesia, masyarakat hanya menjadikan gandum sebagai bahan roti dan mie. Padahal gandum juga mempunyai kandungan karbohidrat cukup tinggi, sama seperti dengan nasi. Manfaat gandum yaitu :

  • Membuat tubuh merasa kenyang lebih lama
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Menurunkan berat badan
  • Menyembuhhkan sembelit
  • Mengurangi risiko terkena kanker


d. Sorgum

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sorgum mengandung karbohidrat sorgum bisa dijadikan bioetanol yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Sorgum bermanfaat mulai dari daun sampai akarnya. Manfaat sorgum, yaitu :

  • Daun sorgum menjadi sumber pakan ternak
  • Tangkai daun dijadikan kerajinan tangan dan sapu
  • Bunga Sorgum dimanfaatkan sebagai bunga kering untuk hiasan
  • Batang sorgum yang masih muda bisa dibuat sirup, karena rasanya manis
  • Akr sorgum digunakan sebagai jamu untuk memeprlancar peredaran darah
  • Biji sorgum kaya akan protein, kalsium dan kabohidrat lebih besar dibandingkan dengan berras dan jagung.
  • Biji sorgum dapat dibuat tepung sebagai bahan dasar pembuatan panganan.

2. Jenis Kacang-Kacangan dan Manfaatnya

a. Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan kesehatan tubuh tubuh diantaranya serat protein karbohidrat lemak dan berbagai macam vitamin serta berbagai jenis mineral. manfaat kacang tanah :

  • Menyediakan banyak energi yang sangat penting untuk kesehatan
  • Membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil
  • Menjaga sirkulasi aliran darah otak
  • Sumber antioksidan dan mencegah penyakit kanker, jantung dan kolesterol tinggi

b. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan bahan pangan yang menyehatkan karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat sebagai obat-obatan dan kesehatan tubuh. Berikut ini kandungan dan manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

  • Mengandung kalsium fosfor zat besi vitamin B kompleks yang berhasiat sebagai obat beri-beri, demam nifas, dan pelancar air seni.
  • Mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat bermanfaat bagi penderita kurang darah (anemia).
  • Mengandung serat tinggi dan rendah lemak sehingga dapat m enurunkan  berat badan dengan diikuti kegiatan olahraga secara rutin
  • Mengandung vitamin B kompleks sebagai makanan pendamping ASI
  • Mengandung rendah kolesterol sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol
  • Mengandung mineral sehingga dapat menjaga kekuatan dan pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah ostopororsis
  • Mengahaluskan kulit.

c. Kedelai
Kedelai termasuk tanaman semusim, tergolong famili fabaceae, buah berbentuk polong dan diperbanyak dengan biji. Kacang kedelai memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya:

  • Memiliki kandungan protein nabati yang tinggi berguna untuk membantu membangun sel tubuh dan baik untuk vegetarian.
  • Mengandung vitamin B1, B2, B6, dan provitamin A, kalium, magnesium, selenium, karbohidrat, protein, dan asam omega 3 sumber lemak yang sangat baik untuk susu bayi karena kandungan gizinya lengkap.
  • mengandung lemak yang rendah dapat mengatasi sistem pencernaan yang tidak mamapu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik.
  • Mengandung minyak tumbuh-tumbuhan non kolesterol yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung
  • Mengandung lesitin yang bermanfaat untuk menjaga kolesterol tubuh, metabolisme tubuh dan membantu metabolisme lemak .
  • Mengandung antioksidan sperti vitamin E dan B kompleks untuk melindungi kulit dari sinar UV

    3. Jenis Umbi dan Manfaatnya
    a. Ubi Jalar

Ada tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna putih kecoklatan, merah, dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar tersebut memiliki varietas unggul dengan produktivitas tinggi. Beberapa varietas ubi jalar yang populer adalah ubi cilembu, ibaraki, lampeneng, georgia, borobudur, mendut, dan kalasan. Mnfaat ubi jalar, yaitu :

  • Ubi jalar merupakan makanan yang memiliki rasa manis yang bebas lemak, sehingga cocok bagi penderita diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah.
  • Mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah serangan jantung dan kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stres.
  • Serat yang tinggi dan kandungan zat besi, folat, tembaga dan mangan pun terdapat pada ubi jalar

    b. Singkong atau Ubi Kayu (Ketela Pohon)

Singkong/ubi kayu merupakan tanaman perdu dengan akar tunggang dan sejumlah akar cabang yang membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Singkong yang dimakan bagian dalam umbinya yang berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat, namun miskin protein. Sementara daunnya termasuk sumber protein yang bagus karena mengandung asam amino metionin. Oleh karena itu, daun singkong yang masih muda banyak dimakan sebagai lalap atau dibuat sayur daun singkong.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan C, serta amilum. Manfaat Singkong, yaitu :

  • Melancarkan pencernaan karena Sngkong banyak mengandung serat yang tidak larut dalam air
  • Obat luka terbakar
  • Obat panas dalam
  • Diet rendah kalori

c. Talas

Umbi talas sebagai sumber karbohidrat pengganti beras sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satu daerah yang makanan pokoknya umbi talas adalah Kabupaten Sorong, Papua. Dalam talas terdapat kandungan gizi karbohidrat yang tinggi pada umbinya, dan juga mengandung rendah lemak serta protein. Beberapa manfaat talas sebagai berikut:

  • Kandungan serat yang cukup baik dapat memperlancar kerja pencernaan.
  • Mengkonsumsi talas rebus tanpa tambahan apapun menjaga kolesterol darah tetap rendah, mencegah risiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi karena setiap cangkir talas mengandung potasium mangan dan kalium yang manusia butuhkan.
  • Kandungan beta-karoten pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kulit dan meningkatkan fertililitas.
  • Daun, kulit dan ampas umbinya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak

    d. Kentang

Kentang merupakan salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia. Tentang tergolong semusim atau tanaman pendek tidak berkayu dan cocok ditanam di dataran tinggi serta di daerah yang beriklim tropis. Kentang memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Memelihara kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi
  • Melawan penyakit, seperti penyakit jantung gangguan saraf, tumor, dan dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker rahim.
  • Memelihara kesehatan kulit wajah.
  • Mengurangi kadar kolesterol karena kalorinya rendah.
  • Baik untuk perkembangan otak karena adanya zat besi dan tembaga.
  • Menghilangkan stres pikiran karena kandungan vitamin B6.

TUGAS

 

Likes:
22 0
Views:
2159
Article Categories:
KELAS VIIIPrakarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.