KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan berasal dari kata wira (gagah/ berani) dan usaha. Sederhananya wirausaha ialah orang yang berani melakukan usaha dan berani menanggung risiko dari usaha yang dilakukan. Pengertian kewirausahaan merupakan kemampuan dalam berfikir dan dalam bertindak kreatif yang dijadikan dasar dan kiat dalam rangka untuk menciptakan nilai tambah suatu barang ( nilai jual ) yang dilaksanakan dengan keberanian untuk menghadapi segala resiko. Kreativitas merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang untuk dapat menjadi wirausahawan yang sukses. 

Ciri – ciri manusia kreatif antara lain adalah :

  1. Otonom dan bebas.
  2. Mempunyai fikir ke depan.
  3. Memiliki kebiasaan belajar sendiri.
  4. Belajar dari pengalaman orang lain.
  5. Sering mengajukan pertanyaan yang baik.
  6. Mempunyai rasa ingin tahu dan suka mencoba.
  7. Banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah.
  8. Tidak mudah terpengaruh terhadap pendapat dari orang lain.
  9. Dapat mengungkapkan pendapat secara spontan tanpa malu – malu.
  10. Dapat mengajukan suatu gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain.
  • Berikut ini adalah ciri – ciri wirausaha antara lain :
  1. Memiliki Sikap Mental Wirausaha

Seseorang yang memiliki mental wiraswasta adalah orang yang berkemauan keras dalam mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya. Selain memiliki kemauan yang keras, orang yang bersikap mental wiraswasta adalah memiliki keyakinan yang kuat atas kekuatan terdapat di dalam dirinya. Orang yang bersikap mental wirausaha mempunyai sifat jujur yang tinggi dan juga bertanggung jawab.

      2. Mempunyai Kepribadian yang Kuat. Tanda manusia yang memiliki berkepribadian kuat adalah manusia yang memiliki moral yang tinggi, yaitu manusia yang bertaqwa Kepada Allah SWT.

       3. Memiliki Kemampuan untuk Mencari Informasi

Pada kenyataannya dalam berwirausaha terjadi sering tidak berhasil, hal ini bisa jadi karena informasi mengenai beberapa hal yang menjadikan suatu usaha dapat berhasil enggan di carinya. Tidak sedikit wirausaha yang dilakukan dengan apa adanya saja.

         4. Memiliki Kepekaan Terhadap Arti Lingkungan.

Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan kondisi yang benar – benar sempurna, sehingga kekuatannya diharapkan bisa mengenal, mengolah dan juga menikmati alam semesta dengan cara yang bertanggung jawab. Menjadikan manusia bisa memberdayakannya dengan cara yang efisien dalam rangka untuk kepentingan hidupnya. 

          5. Memiliki Ketrampilan Wiraswasta.

Ketrampilan dalam berwirausaha sangat dibutuhkan, sebagai contoh adalah ketrampian dalam berfikir seara kreatif, ketrampilan dalam hal kepemimpinan, ketrampilan manajerial, dan juga ketrampilan dalam hal pergaulan antar manusia.

Tugas di pada link dibawah ini :

https://quizizz.com/join?c=sJznypA7_RMGi1jut39IFPtmgIuErhtWYnIthb_sLWXoI5oZYIca-v-CEYd_V-LQtIPAyHAO1tWamuVPpx_RudLrlBXSZ7NElsuorOP5GMSk-R4oiQ5oWnqaCGLH9I5pl_DeGuqUMoCmmPS4a1KdxeBmyymR1IRb7n3fhmnrrx1SvX2cnQvDpTFpiE8cfKaBVGH5NWd3h5hyTGjDizVMAel7Qw.ft-xf8KATlQxjHhfQdiMJw.QADuXCD2uyo67Aub&linktype=web

atau

https://share.quizizz.com/join?c=sJznypA7_RMGi1jut39IFPtmgIuErhtWYnIthb_sLWXoI5oZYIca-v-CEYd_V-LQtIPAyHAO1tWamuVPpx_RudLrlBXSZ7NElsuorOP5GMSk-R4oiQ5oWnqaCGLH9I5pl_DeGuqUMoCmmPS4a1KdxeBmyymR1IRb7n3fhmnrrx1SvX2cnQvDpTFpiE8cfKaBVGH5NWd3h5hyTGjDizVMAel7Qw.ft-xf8KATlQxjHhfQdiMJw.QADuXCD2uyo67Aub&linktype=mobile

Likes:
3 0
Views:
347
Article Categories:
IPSKELAS VII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.