Lanjutan BAB 2 (pertemuan ke 7)

B. Kedudukan dan Fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun  1945

 

  1. Kedudukan UUD NRI Tahun 1945                                                   Hal-hal yang menjadi alasan sehingga suatu negara memiliki UUD           menurut Bryce sbb    :                                                                             1.Adanya kehendak para warga negara yang bersangkutan agar    terjamin  hak-     haknya,dan bertujuan untk mengatasi tindakan -tindakan para penguasa       negara tersebut.

2. Adanya kehendak dari penguasa negara dan atau rakyatnya untuk                    menjamin  agar terdapat pola atau sistem tertentu atas pemerintah                      negara.

3. Adanya kehendak para pembentuk negara baru tersebut agar                             terdapat  kepastian tentang cara penyelenggaraan ketatanegaraan.

4.Adanya kehendak dari beberapa negara yang pada mulanya berdiri                  sendiri untuk menjalin kerja sama.

UUD NRI tahaun 1945 adalah keseluraskah yang terdiri atas pembukaan dan pasai-pasal (Pasal II Aturan  Tambahan) Pembukaan dan pasal-pasal merupakan satu kesatuan,satu keblatan yang utuh,dengan kata lain merupakan bagian -bagian yang tidak dapat dipisahkan.

2.Sifat  dan fungsi UUD NRI tahun 1945

 

Sifat UUD NRI Tahun 1945 / bisa disebut juga sebagai KONSTITUSI dapat di kelompokkan  diantaranya konstitusi secara tertulis dan konstitusi tidak tertulis,suatu konstitusi terulis yaitu apabila konstitusi itu tertulis dalam satu naskah yang telah diratifikasi/disahkan suatu dokumen negara oleh lembaga legislatif, konstitusi tidak tertulis  yaitu konstitusi yang tidak tercantum dalam naskah UUD 1945.(ada di Hal.38 paket ppkn).

C.Peraturan Perundang-undangan dalam Sistem Hukum Nasional

UUD NRI Tahun 1945 berisi pola dasar kehidupan bernegara di Indonesia.Semua peraturan perundang-undanagan yang dibuat di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945.

 

kehidupan dalam lingkungan sekolah dapat di ibaratkan sama dengan kehiduan suatu negara.Keduanya memiliki peraturan.Kehidupan disekolah diatur melalui tata tertib sekolah.Kehidupan dalam suatu negara diatur dalam konstitusi atau Undang-Undang Dasar.

Setiap bangsa yang merdeka akan membentuk suatu pola kehidupan berkelompok yang dinamakan negara.Pola kehidupan kelompok dalam  dalam bernegara perlu diatur dalam suatu naskah.Naskah aturan hukum yang tertiggi dalam kehidupan Negara RI dinamakan UUD NRI Tahun 1945.

SELAMAT MENYIMAK MATERI….

 

 

Likes:
38 3
Views:
1653
Article Categories:
KELAS VIIIPPKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.