LETAK DAN LUAS WILAYAH INDONESIA (Rosyati / VII EFGHIJK)

A. MATERI PEMBELAJARAN
1. Letak Wilayah Indonesia
Letak wilayah adalah posisi suatu tempat terhadap tempat lain di permukaan bumi. Letak suatu tempat dapat menunjukan suatu karakteristik tempat tersebut.
Letak suatu wilayah dapat dilihat dari 3 aspek, yaitu :
a. Letak Astronomis, yaitu : letak suatu wilayah dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis Indonesia terletak pada 6 LU-11 LS dan 95 BT- 141 BT. Pengaruh dari posisi garis lintang (6 LU-11 LS) wilayah Indonesia termasuk kedalam daerah beriklim tropis dan dilalui oleh garis khatulistiwa, sedangkan dari posisi garis bujur (95 BT-141 BT) wilayah Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu : WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat), WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).
b. Letak Geografis, yaitu : letak suatu wilayah dilihat berdasarkan kenyataannya dipermukaan bumi atau berdasarkan kedekatanya dengan wilayah lain di permukaan bumi. Secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua (Asia-Australia) dan dua samudra (Pasifik-Hindia). Wilayah Indonesia berbatasan dengan beberapa negara dan perairan Bagian Timur).
c. Letak Geologis, yaitu : letak wilayah dilihat dari struktur batuan kulit bumi (Lithosfera).
Secara geologis Indonesia berada pada jalur pertemuan 3 lempeng, yaitu : lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Indo-Austrslia. Hal tersebut mempengaruhi wilayah Indonesia dilalui oleh 2 deretan pegunungan muda yaitu Pegunungan Sirkum Mediterania ( melalui pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku) dan Pegunungan Sirkum Pasifik (melalui Kepulauan Maluku dan Papua).

2. Luas Wilayah Indonesia
Bentuk wilayah Indonesia adalah Kepulauan (Archipelago) yang memiliki banyak pulau membentang dari barat ke timur. Wilayahnya terdiri dari daratan (Pulau) sekitar 13.466 pulau dan Perairan (Laut/Samudra). Banyaknya pulau maka menjadikan negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan hal ini sangat menuntungkan karena menjadikan Indonesia memiliki garis pantai yang panjang sekitar 99.030 Km.Luas wilayah Indonesia yang berupa daratan (Pulau) sekitar 1.922.570 Km2 sedangkan luas perairan (Laut/ Samudra) seluas 3.257.483 Km2. Dengan demikian luas wilayah Indonesia jika digabungkan antara daratan dan perairan adalah 5.180.053 Km2 dengan karakteristik wilayah perairan lebih luas dibandingkan dengan daratanya.

3. MEDIA PEMBELAJARAN

4. LATIHAN SOAL

Likes:
61 0
Views:
1345
Article Categories:
IPSKELAS VIIPelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.