Cara Membuat Google Form

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka website Google Form. Atau jika Anda masuk melalui Google Drive, klik “New » More » Google Forms » From a Template”.Anda dapat memilih opsi “Blank Form” jika ingin membuat form sesuai keinginan.

Pemilihan Template

Pada bagian selanjutnya, Anda diminta untuk memilih salah satu template. Di dalam halaman ini Google sudah menyediakan berbagai macam template secara gratis. Anda dapat menyesuaikan template sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mengisi Judul dan Deskripsi

Sebagai contoh, di sini saya memilih template “Event Feedback”. Anda akan diminta untuk memasukkan judul dan deskripsi form terlebih dahulu. Isikan sesuai dengan tujuan dari pembuatan Google Form.

Di bagian bawah, Anda dapat memasukkan berbagai opsi yang nantinya akan diisi oleh pengunjung, seperti jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, dropdown, tanggal, dan lain sebagainya.

Google Form memberikan Anda berbagai macam pilihan untuk mengubah jenis pertanyaan dan jawaban.

Salin Kode Embed

Setelah Anda selesai membuat formulir, Anda klik tombol “Send” yang ada di pojok kanan atas. Anda akan melihat jendela Send Form.

Klik icon embed (< >), kemudian klik “Copy” untuk menyalin kode HTML. Anda dapat mengatur form menggunakan opsi Width dan Height yang tersedia di jendela Send Form.

Memasukkan Form ke Sistem E-Learning

Supaya form Anda dapat muncul di halaman WordPress, paste kode embed yang sudah disalin tadi ke dalam text editor WordPress. Jika Anda menggunakan Classic Editor, akan ada pilihan “Text” di sana. Cukup paste di tempat yang Anda kehendaki.

Namun, bagi pengguna Gutenberg, Anda cukup klik icon “+” di text editor, kemudian memilih Embed. Kemudian masukkan baris kode HTML yang tadi sudah disalin dari Google Form.

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat Google Form di WordPress. Anda dapat mengecek hasilnya dengan melakukan “Preview” sebelum menerbitkannya. Di bawah ini adalah tampilan Google Form yang sudah berhasil ditambahkan di WordPress.

Kategori: Prakarya

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *