PASAR dan HARGA PASAR - SMP Negeri 1 Karangampel

PASAR dan HARGA PASAR

Pengertian Pasar

Menurut para ahli yaitu William J.Stanton, maka dari pasar adalah kumpulan dari masyarakat yang bertujuan untuk mendapatkan rasa puas. kepuasan itu berasal dari penggunaan uang untuk ditukar dengan barang yang mereka inginkan. Sedangkan menurut Simamora pengertian pasar adalah kelompok masyarakat dengan kebutuhan dan keinginannya untuk memiliki atau membeli barang tertentu. Bukan hanya itu, mereka juga punya kemampuan beli terhadap produk tersebut. Kesempatan tukar menukar barang dengan alat pembayaran pun ada di dalam pasar.

Menurut Kotler dan Amstrong, Pasar adalah pertemuan antara para pembeli yang potensial dan juga penjual yang menawarkan produk atau jasa. Secara umum pengertian pasar adalah tempat berlangsungnya transaksi permintaan dan penawaran atas barang dan jasa atau perdagangan dengan alat tukar yang sah.

Syarat terjadinya pasar adalah ;

  1. Adanya penjual dan pembeli
  2. Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan
  3. Adanya interaksi antara penjual dan pembeli ( transaksi jual beli )
  4. Adanya media atau tempat untuk interaksi penjual dan pembeli
  5. Ada kesepakatan yang terjadi antara kedua belah pihak

Ciri – ciri pasar adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat calon pembeli dan penjual
  2. Terdapat jasa ataupun barang yang akan diperjualbelikan
  3. Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak
  4. Terdapat interaksi di antara pembeli dan penjual baik itu secara langsung atau tidak langsung

Fungsi pasar 

  1. Pasar sebagai sarana distribusi, memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.
  2. Pasar sebagai pembentuk harga, Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di pasar tersebut penjual menawarkan barang dan jasa kepada pembeli. pembeli membutuhkan barang/jasa akan berusaha menawar harga dari barang/jasa tsb, sehingga terjadilah kesepakatan, terbentuklah harga. dengan demikian pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
  3. Pasar sebagai sarana promosi, artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat dan keunggulan pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap barang/jasa yang diperkenalkan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain; memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran dsb.
  4. Pasar sebagai penyerapan tenaga kerja. Selain terdapat para pedagang dan pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang dapat terlibat dalam kegiatan ekonomi. Seperti tukang sapu, ojek, tukang parkir, tukang sampah, dll. Oleh karena itu, fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga kerja.
  5. Pasar sebagai penyedia barang dan jasa guna masa mendatang. Pasar memiliki peran sebagai fasilitator guna mengelola tabungan dan investasi. Investasi ini berfungsi untuk menyediakan barang serta jasa dibutuhkan pada masa yang akan datang. Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang berfungsi untuk memfasilitasi investasi dan tabungan ialah pasar modal. Investor akan mencari pihak – pihak yang mempunyai tabungan untuk keperluan investasinya, serta penabung untuk mencari pihak yang membutuhkan modal. Kedua belah pihak tersebut dapat bertemu di pasar modal.

Peranan Pasar 

  • Peranan pasar bagi produsen

Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu produsen juga dapat memperoleh barang/jasa yang akan digunakan untuk keperluan proses produksi.

  • Peranan pasar bagi konsumen

Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi konsumen, karena konsumen mudah untuk mendapatkan barang/jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin mudah memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan.

  • Peranan pasar bagi pembangunan

Peranan bagi pembangunan adalah menunjang pembangunan yang sedang berlangsung. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.

  • Peranan pasar bagi sumber daya manusia

Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, pemanfaatan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.

Klasifikasi Pasar

  1. Berdasarkan bentuknya atau wujudnya dibedakan menjadi 2 yaitu :

a. Pasar Abstrak merupakan pasar yang tidak menyediakan ruang langsung untuk bertemunya penjual dan pembeli. Contohnya pasar modal, pasar saham, jual beli online, layanan pemesan tiket online, delivery order dsb.

b. Pasar Nyata adalah pasar dimana penjual dan pembeli bertemu muka secara langsung. Contoh pasar tradisional, swalayan, pasar buah, pasar ikan ( pasar hewan ), pasar sepeda, dll.

2. Berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan dibedakan menjadi 2 yaitu :

a. Pasar barang Produksi, yaitu pasar yang memperjualbelikan faktor – faktor produksi. Contoh ; pasar sumber daya alam, pasar tenaga kerja, pasar modal.

b. Pasar barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang hasil produksi atau barang jadi ( siap jual ) dan siap konsumsi. Contoh ; pasar ikan, pasar beras, pasar sayuran, pasar pakaian.

3. Berdasarkan luas jaringan distribusi dibedakan menjadi 5 yaitu :

a. Pasar Daerah, yaitu berada di wilayah tertentu, misalnya kabupaten atau kota atau propinsi. Barang yang diperdagangkan adalah barang konsumsi, barang produksi, dan barang hasil produksi. Pedagang besar melayani pedagang kecil atau pedagang eceran.

b. Pasar Setempat, yaitu pasar yang wilayah pemasarannya meliputi suatu daerah tertentu. Penjual dan pembeli yang bertransaksi berasal dari daerah di sekitar pasar. Barang yang diperdagangkan adalah kebutuhan sehari – hari.

c. Pasar Regional, yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara dalam satu kawasan / regional. Contoh ; AFTA, APEC, NAFTA, dll.

d. Pasar Nasional, yaitu pasar yang melayani pembelian dari seluruh wilayah.

e. Pasar Internasional, yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi seluruh kawasan di dunia dan melayani pembeli dari berbagai negara. Pasar ini melibatkan importir dan eksportir. Contoh; pasar tembakau di Bremen ( Jerman ), pasar karet di New York ( AS ), pasar kopi di Sao Paulo ( Brasil ).

4. Berdasarkan waktu penyelenggaraan dibedakan menjadi 5 yaitu :

a. Pasar Harian, yaitu pasar yang melakukan kegiatan jual beli setiap hari dan menjual barang kebutuhan pokok sehari – hari. Contoh : Pasar Tradisional, Swalayan, dan Pasar Induk.

b. Pasar Mingguan, yaitu pasar yang dilaksanakan seminggu sekali. Contoh : pasar senin, pasar minggu, pasar rebo dsb.

c. Pasar Musiman, yaitu pasar yang muncul ketika terdapat sebuah keramaian atau perayaan. Contoh ; pasar malam atau pasar ramadhan.

d. Pasar Bulanan, yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Pasar ini biasanya dapat ditemukan di daerah industri atau kantor pos.

e. Pasar Tahunan, yaitu pasar yang diadakan setahun sekali, bersifat nasional ataupun internasional. Contoh ; Pekan Raya Jakarta ( PRJ ), pasar malam sekaten di Surakarta dan Yogyakarta.

5. Berdasarkan cara transaksi dibedakan menjadi 2 yaitu :

a. Pasar Tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang – barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

b. Pasar Modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang – barang diperjualbelikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat – tempat modern lainnya.

6. Berdasarkan organisasi atau strukturnya dibedakan menjadi 2 yaitu :

a. Pasar Persaingan sempurna ( perfect competition marked ), yaitu pasar yang didalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual yang sama – sama mengetahui keadaan pasar. ciri – cirinya ;

  • Banyak penjual dan pembeli
  • Harga ditentukan oleh pasar
  • Barang yang diperjualbelikan sejenis ( homogen )
  • Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar
  • Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar
  • Tidak ada campur tangan pemerintah. Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar hasil pertanian.

b. Pasar Persaingan tidak sempurna ( imperfectly competition marked ), yaitu pasar yang memiliki ketidakseimbangan antara jumlah penjual dan pembeli. Ciri – cirinya ;

  • Barang heterogen
  • Penjual sulit memasuki pasar
  • Pembeli memiliki pengetahuan terbatas tentang pasar

Jenis – jenis Pasar persaingan sempurna ( imperfectly competition marked )

  1. Pasar Monopoli

Ciri – cirinya :

  • Dikuasai penjual
  • Penjual dapat menentukan harga secara sepihak, contohnya PT PLN.

2. Pasar Persaingan Monopolistik

Ciri – cirinya :

  • Memiliki pangsa pasar sendiri
  • Terdapat banyak produsen yang menjual produk barang yang sama
  • Produk yang dihasilkan memiliki deferensiasi sehingga penjual mudah menawarkan produk tersebut di pasar
  • contohnya : produk pasta gigi

3. Pasar Persaingan Oligopoli

Ciri – cirinya :

  • Terdapat beberapa penjual untuk barang – barang tertentu
  • Pasar ditentukan sebagian kecil pedagang
  • Peran Iklan sangat besar dalam penjualan barang dagangan
  • Antara penjual yang satu dengan yang lain dapat mempengaruhi harga, Contoh : PT. PLN

4. Pasar Monopsoni

Ciri – cirinya :

  • Pembeli dapat menguasai pasar
  • Pembeli dapat berperan sebagai penentu harga
  • Terdapat satu pembeli untuk barang – barang tertentu
  • Contohnya ; perusahaan kopi yang memonopoli pembelian biji kopi dari petani di daerah tertentu.

Tugas Siswa !

Silahkan kalian kerjakan soal pada link di bawah ini :

https://bit.ly/3Cz2Fse

 

 

 

Likes:
0 0
Article Categories:
IPSKELAS VII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Demo Title

Demo Description


Introducing your First Popup.
Customize text and design to perfectly suit your needs and preferences.

This will close in 20 seconds