Pengertian,Ciri Surat Resmi dan Surat Pribadi

Sifat Surat Dinas

Surat dinas bersifat resmi dan menyangkut topik kedinasan. Bahasa yang digunakan pada surat merupakan bahasa baku dan apa adanya. Surat dinas tidak memerlukan bahasa kiasan atau “berbunga-bunga. Sifat bahasa surat resmi singkat dan jelas, diungkapkan apa adanya serta serta berpola tetap.

Ciri Ciri Surat Dinas

  1. Berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi.
  2. Hanya ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu.
  3. Berkaitan dengan topik kedinasan seperti: undangan rapat, permohonan maaf, balasan lamaran pekerjaan, izin tidak masuk, izin menggunakan tempat, dsb.
  4. Menggunakan bahasa baku yang resmi.

    Pengertian Surat Pribadi

    Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 246).

    Ciri Surat Pribadi

    1. Surat pribadi merupakan bentuk komunikasi interaktif antara orang pertama (pengirim) dan orang kedua (penerima).
    2. Surat pribadi berisi unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahuluan, isi, dan penutup surat, serta nama pengirim surat atau juga tanda tangan.
    3. Isi surat pribadi berkaitan dengan masalah pribadi menanyakan kabar, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi pribadi yang lain (Tim Kemdikbud (2017, hlm. 248).

https://forms.gle/FUWP2uEdqHHFKprJ7
Memuat…

Likes:
2 1
Views:
130
Article Categories:
Bahasa IndonesiaKELAS VII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.