Pengolahan Bahan Pangan Hasil Peternakan dan Perikanan – Pertemuan 2

Assalamualaikum….

Halo anak-anak bagaimana kabar kalian hari ini? semoga kalian sehat dan baik-baik saja, serta tetap semangat dalam menuntut ilmu. Pertemuan hari ini kita akan melajutkan belajar tentang Pengolahan Bahan Pangan Hasil Peternakan dan Perikanan kelanjutan dari pertemuan minggu kemarin.

Baca sampai selesai ya…

b. Daging

Daging yang berasal dari unggas dan hewan berkaki empat dapat ditemukan di setiap bagian tubuhnya. Daging tersebut dapat diolah dan dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan yang mengandung protein hewani. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Daging Ayam

Daging ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan daging hewan berkaki empat. Ayam juga kaya kandungan vitamin (vitamin A dan berbagai vitamin B) serta beragam mineral (tembaga, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, dan zinc). Berdasarkan jenis ayam yang dibudi dayakan, ayam dibedakan menjadi 2, yaitu ayam kampung dan ayam broiler/ ayam negeri.

sumber: karya-pangan.com

a) Ayam kampung

Ayam kampung adalah sebutan di Indonesia untuk ayam peliharaan. Ayam ini merupakan jenis yang biasa dipelihara oleh penduduk atau orang yang tinggal di kampung. Biasa dipelihara oleh penduduk dengan cara dibiarkan lepas bebas berkeliaran mencari makan di kebun-kebun sekitar rumah.

b) Ayam Broiler/Leghorn

Jenis ayam ini dipelihara dengan cara diternakan, dipelihara di dalam kandang yang berukuran besar. Ayam ini merupakan ayam unggulan karena hasil persilangan dari ras – ras ayam yang memiliki produktivitas tinggi. Hanya dalam waktu 5-6 minggu, ayam ini sudah bisa dipanen

Daging Sapi

sumber: alodokter.com

Daging sapi adalah daging yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya lezat, daging sapi ini dapat diolah menjadi aneka masakan. Daging sapi berwarna merah. Bagian tubuh hewan ternak sapi yang memiliki daging terbanyak adalah bagian paha depan dan paha belakang. Bagian kepala, leher, tungkai, dan ekor termasuk bagian moncong (hidung/cingur) dan lidah juga diambil dagingnya, tetapi tidak sebanyak bagian paha. Bagian jeroan (isi perut) tidak dianggap sebagai daging.

Daging Kerbau

Daging kerbau ciri khas berwarna merah agak gelap, memiliki tekstur serat yang lebih kasar dibandingkan dengan daging sapi. Kandungan lemak daging kerbau relatif rendah daripada daging sapi. Daging kerbau dikonsumsi oleh sebagian besar penduduk di Asia Selatan dan Asia Tenggara, tempat asal hewan ini. Pengolahan daging kerbau biasanya sama dengan pengolahan daging sapi.

sumber: agroindonesia.co.id

Daging Kambing

Daging kambing merupakan sumber gizi yang penting bagi negara berkembang yang biasanya terletak di daerah iklim tropis. Daging kambing lebih empuk daripada daging sapi dan kerbau. Serat dagingnya lebih halus dan mempunyai rasa dan aroma khas yang digemari beberapa bangsa di negara berkembang. Hasil pengolahan daging kambing seperti sate, sop, dan gulai.

sumber:merdeka.com

Daging Babi

sumber:cnnindonesia.com

Daging babi memiliki warna yang lebih pucat daripada daging sapi, lebih mendekati warna daging ayam. Tekstur lemak daging babi elastis sehingga mudah diregangkan. Daging babi memiliki serat yang terlihat samar dan sangat renggang. Olahan daging babi berupa baso, sosis, sate, babi rica-rica, dan babi panggang.

 

c. Telur

Telur terutama dihasilkan oleh hewan jenis unggas dan ikan yang sebenarnya adalah cara hewan tersebut berkembang biak dengan bertelur. Dari telur ini akan menetas hewan muda untuk kelestarian jenisnya agar tidak punah. Telur dapat dikonsumsi manusia dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Jenis telur yang biasa dikonsumsi adalah telur ayam kampung, telur ayam leghorn, telur puyuh, telur itik, dan telur angsa. Jenis telur ikan yang biasa dikonsumsi manusia adalah telur ikan belida dan telur ikan kavier. Telur dapat diolah menjadi berbagai olahan dengan cara direbus, digoreng, dikukus, menjadi berbagai hidangan lezat bergizi seperti: telur mata sapi, telur dadar, telur balado, semur telur, pindang telur, telur asin dan lain-lain.

Telur Ayam Kampung

sumber:Health.detik.com

Ayam kampung, yang biasa dipelihara dengan cara dibiarkan mencari makan sendiri dipekarangan penduduk memakan lebih banyak variasi makanan dan lebih organik dibanding ayam broiler/ leghorn serta bertelur karena diberi pejantan. Sehingga telur ayam kampung memiliki kwalitas gizi yang lebih baik dibanding telur ayam broiler jenis petelur yang diternakan dan hanya memakan satu jenis makanan saja.

Telur Ayam Broiler/Leghorn

Ayam broiler jenis petelur umumnya diternakan dan bertelur tanpa pejantan, ia bertelur menggunakan obat-obatan. Ada banyak jenis ayam petelur yang umumnya diternakkan di Indonesia ataupun di luar negeri. Ukuran dan warna telur yang dihasilkan tergantung jenis ayamnya. Warna telur yang umum dijumpai adalah berwarna cokelat dengan berbagai variasi ukuran dan berat telur.

Telur Itik

Telur itik sebenarnya lebih unggul dibanding telur ayam broiler, rasanyapun hampir sama tergantung selera namun telur itik lebih kaya akan nutrisi. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaruh makanan itik. Telur itik mengandung nutrisi 2 kali lipat lebih banyak daripada telur ayam broiler, memiliki cangkang lebih tebal sehingga lebih tahan lama masa simpannya. Telur itik biasannya diberi makan dengan cara diangon dan diberi pejantan, sehingga telurnya yang dihasilkan lebih organik. Sementara telur ayam broiler peternakan bertelur tanpa pembuahan (menggunakan obat),dimungkinkan mengandung antibiotik dan obat – obatan lain, sehingga telur itik
lebih sehat.

Telur Puyuh

Telur puyuh adalah salah satu jenis telur yang juga populer di masyarakat. Telur ini dihasilkan oleh sejenis burung yang oleh masyarakat Indonesia biasa menyebutnya burung puyuh. Selain harganya murah telur puyuh mudah didapat di mana saja dibanyak tempat di Indonesia. Telur dengan ciri khusus bercak-bercak tak beraturan dan berwarna coklat tua ini ternyata memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi tiga hingga empat kali dibandingkan dengan telur ayam. Telur puyuh yang mungil ini memiliki berat 10 gram hingga 12 gram. Telur mungil ini menyediakan banyak zat yang dibutuhkan tubuh manusia agar menjadi sehat.

d. Susu

Susu adalah cairan berwarna putih yang disekresikan oleh kelenjar mammae pada binatang mamalia betina untuk bahan makanan dan sumber gizi untuk anaknya. Susu juga merupakan sumber gizi bagi tubuh manusia. Hewan-hewan ternak mamalia lainnya penghasil susu selain sapi yang biasa dikonsumsi oleh manusia contohnya kambing, domba, kerbau, unta dan kuda. Susu binatang (biasanya sapi) banyak diolah menjadi berbagai produk misalnya yogurt, keju, mentega, susu kental manis, susu bubuk, dan ice cream.

Produk susu dapat dibedakan menjadi beberapa tipe berdasarkan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, yaitu: susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free fat milk) atau susu skim (skim milk).

Manfaat Ikan, Udang, Cumi-Cumi, Rumput Laut, Daging, Telur dan Susu

Ikan, udang, cumi-cumi, daging, telur, dan susu adalah sumber penghasil protein hewani. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh. Fungsi protein antara lain seperti berikut.

  1. Sebagai zat pembangun.
  2. Cadangan makanan dan sumber energi.
  3. Sintesis antibodi, hormon, dan enzim.
  4. Pengatur keseimbangan kadar asam dan basa di dalam sel.
  5. Pembentukan dan perbaikan sel serta jaringan terutama pada anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan.

Manfaat Ikan

Kandungan gizi ikan, kaya akan manfaat bagi tubuh karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain seperti berikut.

  1. Omega 3,  untuk proses perkembang an otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.
  2. Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna.
  3. Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  4. Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak.
  5. Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  6. Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  7. Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf.
  8. Zat besi yang mudah diserap oleh tubuh.
  9. Yodium untuk mencegah terjadinya penya kit gondok dan hambatan pertumbuhan anak.
  10. Selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.
  11. Seng yang membantu kerja enzim dan hormon.
  12. Fluor yang berperan dalam menguatkan dan menyehatkan gigi anak.

Manfaat Udang

Udang adalah sumber lemak omega 3 yang sangat besar, mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan unsur-unsur lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Seperti:

  1. Kandungan vitamin B12 dapat yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh yaitu 78%.
  2. Kandungan selenium 102 % sangat cukup memenuhi kebutuhan harian tubuh.
  3. Kandungan protein 52% dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.
  4. Kandungan fosfor 50%. 5. Kandungan yodium, dapat memenuhi 31% kebutuhan tubuh.
  5. Kandungan Vitamin B3, dapat memenuhi 19% kebutuhan harian tubuh.
  6. Kandungan Zinc, dapat memenuhi 17% kebutuhan tubuh.
  7. Kandungan Kolin, dapat memenuhi 36% kebutuhan tubuh.
  8. Kandungan Vitamin E, dapat memenuhi 17% kebutuhan tubuh.
  9. Kandungan Vitamin B6, dapat mememnuhi 16% kebutuhan tubuh.
  10. Kandungan lemak omega 3, memenuhi 14% kebutuhan lemak omega 3 kebutuhan harian tubuh.
  11. Kandungan copper, memenuhi 32% kebutuhan harian tubuh.
  12. Kandungan Asam patotenis, dapat memenuhi 12% kebutuhan asam patotenis kebutuhan tubuh.
  13. Kandungan Vitamin A, dapat memenuhi 11% kebutuhan tubuh.

Manfaat Cumi-Cumi

Cumi-cumi sangat kaya akan mineral dan nutrisi yaitu protein, vitamin B, seng, yodium, dan omega 3 dan juga mengandung tembaga. Cumi-cumi memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Kandungan tinta dalam cumi-cumi baik untuk kesehatan tubuh terutama dapat mengoptimalkan sel darah putih sehingga tubuh secara otomatis mampu mencegah kuman berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. Tinta cumi-cumi juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tumor.
  2. Kandungan tembaga dalam cumi-cumi baik untuk metabolisme zat besi dan membantu proses pembentukan sel darah merah.
  3. Kandungan Omega 3 yang merupakan salah satu asam lemak tak jenuh dapat menurunkan kolsterol.
  4. Kadungan mineral dalam cumi-cumi dapat menyehatkan system pencernaan.

Manfaat Rumput Laut

Sayuran laut ini kaya akan nutrisi penting bagi tubuh yaitu mengandung Vitamin K, Kalsium, zat besi, serat alami, dan asam lemak omega 3. Berikut ini beberapa manfaat nutrisi di dalam rumput laut:

  1. Kalsium yang dihasilkan rumput laut dengan kandungannya 5 kali lebih besar dibandingkan susu dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  2. Kandungan Vitamin C merupakan anti oksidan yang mencegah gejala kanker serta dapat merawat kecantikan kulit.
  3. Rumput laut mengandung serat alami yang baik untuk mengontrol berat badan.

Manfaat Susu

Susu merupakan sumber kalsium dan protein dengan tingkat tinggi.

  1. Kalsium dalam susu merupakan zat yang penting untuk kesehatan tulang terutama bagi pertumbuhan tulang anak -anak, bagi orang dewasa berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis.
  2. Kandungan potassium dalam susu dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi sehingga mampu menjaganya agar tetap stabil serta mencegah penyakit jantung.
  3. Kandungan yodium, seng, dan leticinnya dapat meningkatkan efi siensi kerja otak besar.
  4. Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu berfungsi mempertahankan kulit agar tetap bersinar.
  5. Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormone kegembiraan dan membuat tidur lebih nyenyak.
  6. Kandungan Magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan system syaraf tahan terhadap kelelahan.
  7. Kandungan Vitamin B2 dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
  8. Dapat menetralisir racun seperti logam, timah, dan cadmium dari bahan makanan lain yang diserap oleh tubuh.

Manfaat Daging

Kandungan gizi yang terdapat pada daging segar dan manfaatnya antara lain seperti berikut.

  1. Kaya vitamin B dan mineral sehingga sangat diperlukan untuk kesehatan sistem syaraf dan pertumbuhan.
  2. Kandungan 9 asam amino esensial yang terdapat di dalamnya berperan untuk perkembangan dan memperbaiki seluruh sel tubuh kita yang rusak atau aus.
  3. Zat besi haeme yang terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna dibandingkan dengan zat besi yang terdapat dalam protein nabati. Zat ini menghindarkan tubuh dari penyakit anemia.
  4. Daging kaya vitamin B dan D. Anggota keluarga vitamin B yang banyak terdapat di dalam daging adalah B2 (ribofl avin), B3(niasin), B6 (piridoksin), dan B12 (kobalamin).
  5. Terkandung juga seng (Zn) dan selenium yang merupakan sumber nutrisi penting bagi sistem imunitas tubuh. Bahkan, tubuh kita dapat menyerap seng yang berasal dari daging jauh lebih baik daripada seng yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
  6. Daging juga merupakan bahan makanan yang kaya akan Omega 3. Senyawa ini penting untuk membantu fungsi jantung, hati, dan sistem saraf pusat.

Manfaat Telur

Berbagai jenis telur yang umum dikonsumsi masyarakat kaya akan protein dan juga mengandung vitamin, kalsium, fosfor, letisin, zat besi yang lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh, kalori dan lemak. Telur mengandung 80% kalori karenanya dapat menambah berat badan. Tubuh tidak dapat menyimpan protein karenanya harus selalu didapat oleh tubuh setiap hari dari makanan yang dikonsumsi manusia, salah satunya didapat dari telur.

Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung mengandung banyak nutrisi diantaranya adalah:

  1. Putih telur mengandung riboflafin atau vitamin B2 yang berlimpah. Riboflafin merupakan vitamin yang larut air dan sangat diperlukan untuk fungsi sel yang normal, pertumbuhan dan produksi energi.
  2. Kuning telur mengandung 1,33 gram kolesterol per 100 gram.
  3. Mengandung vitamin A dan B.
  4. Mengandung Kalsium.
  5. Mengandung fosfor.
  6. Mengandung letisin.
  7. Mengandung zat besi.

Telur Ayam Broiler/leghorn

Kandungan nutrisi pada telur ayam broiler sama dengan kandungan nutrisi pada ayam kampung hanya saja nutrisi pada ayam broiler lebih sedikit dibanding yang ada pada ayam kampung.

Telur Itik

  1. Mengandung vitamin D enam kali lebih banyak dibanding telur ayam broiler.
  2. Mengandung Vitamin E lebih banyak sekitar 75% dibanding telur ayam broiler.
  3. Warna kuning pada telur bebek lebih gelap dibanding telur ayam menunjukkan kepadatan nutrisi yang lebih.
  4. Mengandung vitamin A dua kali banyak dibanding telur ayam.
  5. Mengandung Vitamin B kompleks, unsur mineral selenium, mangan, seng, tembaga, kalium, natrium, fosfor, kalsium dan zat besi yang sedikit lebih banyak dari pada telur ayam.

4. Telur Puyuh

Telur puyuh memiliki kandungan nutrisi yang tidak boleh dianggap remeh, kandungan gizi telur puyuh bahkan lebih tinggi disbanding telur ayam broiler. Kandungan nutrisi pada telur adalah:

  1. Mengandung Protein 13% lebih tinggi dibanding telur ayam broiler yang hanya 11%.
  2. Mengandung vitamin A dan B2 dua kali lipat dari telur ayam broiler.
  3. Mengandung zat besi dan potassium sebanyak lima kali lipat disbanding telur ayam broiler.
  4. Telur puyuh tidak mengandung LDL(kolesterol jahat), Sangat kaya dengan HDL (kolesterol baik).
  5. Kandungan protein ovomucoid dapat mengatasi gejala alergi. Ovomucoid adalah protein yang biasa dipakai untuk memproduksi obat antialergi.

Video Pembelajaran

Likes:
7 0
Views:
2472
Article Categories:
KELAS IXPrakarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.