Permintaan dan penawaran

Permintaan  adalah jumlah barang yang ingin dibeli pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Dalam hukum permintaan harga menjadi penentu dalam naik turunnya permintaan. 

Contohnya, Hilda ingin membeli susu dua liter. harga susu perliter biasanya Rp. 7.000, saat Hilda mau membeli harga sudah naik menjadi Rp. 9.000. Karena adanya kenaikan harga tersebut, maka Ananda hanya membeli susu satu liter. Diwaktu yang berbeda, Hilda ingin membeli susu sebanyak dua liter. Harga susu sedang mengalami penurunan menjadi Rp. 6.000 perliter. Karena harganya turun, Hilda terpengaruh untuk membeli susu lebih dari dua liter. Jadi, jika harga naik, maka permintaan akan menurun, dan jika harga menurun maka permintaan akan naik atau dalam ilmu ekonomi dikenal dengan hukum permintaan. 

Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan : 

  1. Harga barang Harga suatu barang dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta. 
  2. Kualitas barang Barang yang memiliki kualitas bagus cenderung membuat konsumen membelinya, hal tersebut dapat meningkatkan permintaan. 
  3. Pendapatan Peningkatan pendapatan seseorang cenderung menambah permintaan barang yang dikonsumsi. Sebaliknya, jika pendapatan seseorang turun, permintaan barang akan mengalami penurunan. 
  4. Jumlah penduduk Semakin banyak jumlah penduduk di suatu Negara, maka akan semakin tinggi pula permintaan barang. 
  5. Selera Jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat. 
  6. Prediksi masa depan Bila diperkirakan harga barang akan naik pada masa yang akan datang, masyarakat akan menambah jumlah permintaannya sekarang. Sebaliknya, bila diperkirakan harga suatu barang akan turun masyarakat cenderung mengurangi permintaannya. 
  7. Harga barang lain Permintaan masyarakat terhadap suatu barang juga dipengaruhi oleh harga dari barang lain. 

Jenis – jenis permintaan :

Menurut daya beli konsumen 

  1. Permintaan absolut Adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli. 
  2. Permintaan efektif Adalah permintaan yang didukung oleh daya beli dan melakukan transaksi pembelian. 
  3. Permintaan potensial Adalah permintaan yang didukung oleh daya beli tetapi belum melakukan pembelian. 

Menurut jumlah konsumen 

  • Permintaan individual Adalah permintaan yang dilakukan oleh satu orang (individu). 
  • Permintaan kelompok (kolektif) Adalah kumpulan atau penjumlahan total dari permintaan individu-individu yang ada di pasar (kelompok).

Kurva Permintaan

Hukum permintaan yang telah kalian pelajari di atas dapat digambarkan menggunakan suatu grafik yang disebut kurva permintaan. Perhatikan kembali daftar permintaan yang dilakukan Desi dalam membeli jeruk pada tabel berikut ini.

  1. Penawaran adalah barang dan jasa yang ditawarkan produsen/ penjual pada tingkat harga dalam waktu tertentu. Dalam hukum penawaran, jika harga naik maka penawaran akan naik, jika harga turun maka penawaran juga akan turun. 

Contohya, 

Seorang pedagang daging ayam bersemangat menawarkan daging dengan harga Rp. 140.000 / Kg dari harga Rp. 110.000 / Kg karena akan mendapatkan keuntungan lebih. Sebaliknya, ketika harga daging ayam mengalami penurunan harga dari Rp. 110.000/ Kg menjadi Rp. 80.000/ Kg, pedagang tersebut akan menurunkan penawaran harga daging ayam karena keuntungan yang didapatkan sangat kecil. 

Faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran : 

  1. Biaya produksi 

Dalam proses memproduksi barang dan jasa memerlukan biaya produksi. Tinggi rendah biaya produksi tentu mempengaruhi barang dan jasa yang akan dijual. Semakin tinggi biaya produksi tinggi maka semakin mahal pula harga barang. Begitupula sebaliknya, semakin rendah biaya prduksi semakin rendah harga barang tersebut.

      2. Teknologi 

Teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang akan mempengaruhi jumlah dan kwalitas barang hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang maka kwalitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah. Dan ini berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran. 

      3. Keinginan memperoleh laba 

Dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang banyak maka produsen berlomba untuk meningkatkan produksinya serta memperluas dan mengembangkan usahanya guna memperoleh keuntungan yang besar. 

       4. Faktor non ekonomi 

Seperti bencana alam, larangan impor dan kebijakan pemerintah akan sangat berpengaruh pada penawaran.

5. Pajak

Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berakibat naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan. 

Macam-Macam Penawaran

Apabila ditinjau dari jumlah barang yang ditawarkan, penawaran dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penawaran perorangan dan penawaran kolektif. 

  1. Penawaran Individu adalah jumlah barang yang akan di jual oleh seorang penjual.
  2. Penawaran Kolektif adalah Penawaran kolektif disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perorangan.

Hukum Penawaran

Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan. 

Kurva Penawaran 

Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Pengertian Harga Pasar  

Dalam Ilmu Ekonomi yang dimaksud dengan harga pasar adalah harga yang disepakati pihak penjual  

dan pembeli, dan pada harga ini barang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. 

Tugas Individu siswa pada WAG

Likes:
2 1
Views:
356
Article Categories:
IPSKELAS VII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.