Di kelas IX semester ganjil ini, kalian akan mempelajari 4 teks yaitu:

1,054,243 Documents Stock Illustrations, Cliparts and Royalty Free  Documents Vectors

sumber:123rf.com

  1. Teks  laporan percobaan,
  2. Teks pidato persuasif,
  3. Teks ceria pendek, dan
  4. Teks tangggapan

Setiap teks  memiliki kompetensi dasar (KD) pengertahuan dan keterampilan yang berbeda. Hal ini agar kalian dapat memiliki pengetahuan sekaligus mahir dalam proses pembelajaran pada teks-teks tersebut. Berikut kompetensi dasar pengetahuan (KD.3) dan kompetensi dasar keterampilan (KD.4) yang akan kalian pelajari.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan semester ganjil (5) :

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendetesi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) . 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca ( percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) . 4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaaan, dan aspek lisan.
3.3 Mengidentifikassi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca. 4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya) yang didengar dan/ atau dibaca.
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca. 4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan, atau pesan dalam pidato ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya) secara lisan dan/ atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca dan didengar. 4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaaan cerita pendek yang dibaca atau didengar. 4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *