Pertemuan 2-MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LAPORAN PERCOBAAN

Pada materi ini kalian akan belajar tentang teks laporan percobaan. Teks ini berupa laporan atau deskripsi informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya dan hasil observasi / penelitian yang disusun secara sistematis/ berurutan. Oleh karena itu kemampuan mengindentifikasi, memahami, dan menulis teks laporan sangat penting bagi kalian.

Kompetensi dasar pada pertemuan ini adalah KD 3.1  mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar ( percobaaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) dan 4.1 menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca. Kegiatan mengidentifikasi yaitu kegiatan menentukan atau menetapkan sesuai dengan identitas/ ciri suatu benda, orang, dan sebagainya. Jadi pada teks ini kalian harus mengenali ciri-ciri apa sajakah yang ada pada teks laporan.

Selanjutnya silakan kalian membaca teks di bawah ini dan mengerjakan latihan soal (ada pada buku paket siswa di halaman: 10-11) !

 

sumber:pngdowload.id

 

Teks 1 Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dengan tempat duduk. Tempet duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi ukuran kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini ku pakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda yang besar.
Teks 2 “Fix gear” adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda (ataupun kendaraan lain) dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Drivetrain merupakan gabungan berbagai komponen yang saling berhubungan dan merupakan sistem penggerak sepada yang terdiri atas pedal, lengan engkol (crankarm), gir depan (chainring), gir belakang (cog), dan tentunya rantai. Gabungan komponen di bagian pedal, yatu pedal, lengan engkol, dan gir depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang yang terhubung dengan roda belakang. Ketika pedal diinjak, lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. Kemudian menarik rantai yang juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputarlah roda itu dan meluncur.

 

 

Teks 3 Sepeda adalah kendaraan beroda dua dan tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum untuk pengereman. Berbagai merek sepeda ontel dari berbagai negara beredar di pasaran Indonesia. Pada segmen premium, misalnya merek Fongers, Gazella, dan Sunbeam. Kemudian, pada segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Philips, dan NSU.

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

 

  1. Manakah teks yang termasuk laporan?
  2. Manakah teks yang termasuk eksplanasi?
  3. Manakah teks yang termasuk deskripsi?
  4. Adakah istilah lain di daerahmu untuk menyebut bagian-bagian sepeda?
Likes:
2 0
Views:
435
Article Categories:
Bahasa IndonesiaKELAS IX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.