PESAWAT SEDERHANA, Pertemuan ke-2

KOMPETENSI DASAR :

3.3  Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia.

 

PEWAWAT SEDERHANA

a. Pengertian Pesawat Sederhana

Pernahkah kamu membantu orang tuamu mengangkat batu dalam jumlah yang banyak atau barang-barang yang cukup berat ? Jika pernah, dengan alat apa kamu dapat mengangkatnya supaya terasa ringan ? Supaya terasa ringan, maka akan lebih cepat dan mudah apabila diangkat dengan alat bantu. Alat bantu ini tentunya memberi kemudahan
kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan bukan ? Tahukah kamu alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita dikenal dengan pesawat sederhana. Seperti apakah alat tersebut ? Perhatikan gambar berikut.

Gambar 1.2 Seorang pekebun sedang memotong bunga

Seorang pekebun membutuhkan gunting untuk membentuk bunga taman yang bentuknya sudah tak beraturan. Seorang pekebun merasa terbantu dan pekerjaan nya mudah diselesaikan dengan adanya gunting dibandingkan harus mematahkan setiap tangkai bunga. Jadi dapat dikatakan gunting merupakan salah satu bagian dari pesawat
sederhana. Apakah semua peralatan yang kita temukan termasuk pesawat sederhana ?

B. Jenis-jenis Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu :

1. Tuas (Pengungkit)

Tuas adalah jenis pesawat sederhana yang berbentuk batang dan dapat berputar pada suatu sumbu atau titik tumpu. Pengungkit dapat memudahkan usaha dengan cara menggandakan gaya kuasa dan mengubah arah gaya. Sistem kerja tuas terdiri dari tiga komponen yaitu beban, titik tumpu dan kuasa. Beban adalah titik atau letak benda yang
dipindahkan. Kuasa adalah letak gaya yang diberikan oleh tangan sedangkan titik tumpu merupakan penumpu atau tumpuan benda untuk berputar atau bergerak. Jarak antara titik tumpu ke beban disebut lengan beban. Jarak titik tumpu ke kuasa disebut lengan kuasa. Gaya yang bekerja di titik kuasa disebut gaya kuasa. Sedangkan gaya yang bekerja di titik beban disebut gaya beban.

Gambar 1.3 Komponen tuas atau pengungkit

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua peralatan yang tergolong tuas memiliki letak titik tumpu, titik bedan dan kuasa yang sama.

2. Bidang Miring

Bidang miring merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut tertentu sehingga dapat memudahkan gerak benda. Bidang miring biasanya digunakan untuk memindahkan sebuah benda dari ketinggian tertentu.

Gambar 1.7 seorang memindahkan kotak ke dalam truk menggunakan

Keuntungan mekanis bidang miring dapat dihitung dengan membagi Panjang landasan dengan tinggi bidang miring terhadap permukaan tanah. bergantung pada panjang landasan bidang miring dan tingginya. Semakin kecil sudut kemiringan bidang, semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus dilakukan. Keuntungan mekanis bidang miring secara matematis dirumuskan :

Keterangan :
KM = Keuntungan mekanis
w = beban (N)
F = Gaya (N)
s = Panjang landasan bidang miring (m)
h = Ketinggian (m)

3. Katrol

Katrol merupakan pesawat sederhana berupa roda beralur yang terhubung dengan tali. Katrol sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari seperti menimba air dari sumur,mengangkat benda-benda yang berat dan lain sebagainya. Perhatikan jenis-jenis katrol pada gambar berikut :

Gambar 1.8 jenis-jenis katrol

Keuntungan mekanik katrol tetap sama dengan 1. Jadi, katrol tetap tunggal tidak menggandakan gaya kuasa atau dengan kata lain gaya kuasa sama dengan gaya beban. Katrol tetap memberikan kemudahan dalam melakukan usaha karena mengubah arah gaya. Katrol bebas berfungsi untuk melipatkan gaya, sehingga gaya pada kuasa yang diberikan untuk mengangkat benda menjadi setengah dari gaya beban. Katrol jenis ini biasanya ditemukan di pelabuhan yang digunakan untuk mengangkat peti kemas. Hal ini berarti bahwa gaya kuasa 1 N akan mengangkat beban 2 N. Agar gaya kuasa yang diberikan pada benda semakin kecil, maka diperlukan katrol majemuk. Katrol
majemuk merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas yang dirangkai menjadi satu sistem yang terpadu. majemuk biasa digunakan dalam bidang industri untuk mengangkat benda-benda yang berat. Keuntungan mekanik dari katrol majemuk sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.

4. Roda Berporos

Roda berporos adalah pesawat sederhana yang memiliki dua roda dengan ukuran berbeda yang berputar bersamaan. Gaya kuasa biasanya bekerja pada roda yang besar,gaya beban bekerja pada roda yang lebih kecil. Roda berporos memiliki fungsi untuk mempercepat gaya. Gear pada sepeda adalah salah satu contoh pesawat sederhana yang tergolong roda berporos.

Silahkan simak video berikut, tentang Prinsip Kerja Pesawat Sederhana……….

 

TUGAS

Petunjuk Pengerjaan :

  1.  Kerjakan Latihan Soalnya
  2. Tulis /salin latihan Soal nya di buku catatan Latihan IPA
  3. Untuk menjawab latihan soal, silahkan baca artikel diatas, dan juga silahkan buka Buku Paket IPA Hal 80-92 .
  4. Tugas dikumpulkan pada saat ada jadwal PTM (Pembelajaran Tatap Muka) Mapel IPA.

LATIHAN SOAL

  1.     Apa yang dimaksud Peswat Sederhana? Jelaskan dan Berikan contohnya!
  2.     Jelaskan dengan singkat pengertian dari istilah dalam pesawat sederhana untuk menyatakan beban :
  • Lengan Beban
  • Kuasa
  • Tenaga
  • Usaha

3.  Jelaskan pengertian dari katrol Majemuk, serta sebutkan keuntungan menggunakan katrol majemuk?

4. Sebutkan alat-alat yang merupakan pengungkit, yang merupakan jenis pesawat sederhana?

5. Sebutkan minimal 10 macam alat-alat yang termasuk pesawat sederhana yang ada di rumahmu?

 

Likes:
14 4
Views:
1167
Article Categories:
IPAKELAS VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.