Praktik Bab I Kerajinan Bahan Keras

Assalamualaiakum Wr.Wb…

Haloo anak-anak bagaimana kabar kalian?  kita sudah menyelesaikan materi prakarya bab 1 yaitu kerajinan bahan keras dan minggu lalu kita sudah melaksanakan penilaian harian bab 1, minggu ini kita akan praktik membuat kerajinan dari bahan keras.

Pada praktik kali ini kita akan membuat Paludarium. apa itu paludarium? Yuk baca sampai selesai

Paludarium

Paludarium merupakan salah satu jenis vivarium yang sangat unik karena menggabungkan unsur darat dan air, lalu ditempatkan di satu wadah atau ruangan tertutup. Istilah paludarium sendiri berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata Palus yang artinya rawa-rawa, serta Arium yang artinya wadah, ruang, atau tempat.

Pada umumnya, banyak masyarakat menggemari hobi paludarium di rumah untuk tujuan estetika. Sebab, kehadirannya dapat memberikan nuansa natural di tengah rumah. Selain itu, banyak pula orang yang ingin merawat paludarium untuk tujuan ilmiah atau hortikultura.

Isi paludarium

Paludarium meliputi komponen air, darat, dan udara sehingga ada banyak jenis fauna berbeda yang bisa hidup di dalamnya. Namun pada umumnya, banyak orang lebih gemar merawat amfibi, ikan, reptil, serangga, ataupun burung di dalam paludarium. Meski demikian, secara keseluruhan kamu bisa memilih berbagai jenis fauna yang memang dapat hidup pada air, darat, maupun rawa-rawa.

Sementara itu, flora yang cocok dirawat di dalam paludarium adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh subur di kawasan lahan basah atau sangat lembap. Salah satunya adalah tanaman genus anubias yang memang sangat kuat dan memerlukan perawatan sederhana.

sumber : youtube.com

Pembuatan Paludarium

Anak-anak kita akan belajar membuat paludarium mini, sebagai wadahnya kalian bisa menggunakan media seperti botol kaca bekas minuman, botol kaca bekas saos dan yang lainnya. Agar tidak bingung simaklah video dibawah ini.

 

Jika sudah selesai membuat paludarium, silahkan kumpulkan foto hasil praktik kalian pada google classroom. Batas pengumpulan hasil praktik adalah 6 September 2021 pukul 12.00 WIB.

Terimakasih, selamat berkreasi…

Likes:
11 1
Views:
798
Article Categories:
KELAS IXPrakarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.