Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan

Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita memulai peertemuan ini dengan membaca basmallah, bismillahirrahmaanirrahiim…

Alhamdulillah kita bersyukur atas segala rahmat dan kekuatan ALLAH SWT, sehingga  sampai pada Pertemuan IPA ke 1 yakni Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan. Di awal Bab kedua ini, kita akan membahas tentang Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan. Tujuannya adalah agar kalian sebagai peserta didik mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan melalui observasi dan praktik. Pelajari terlebih dahulu materi tentang perkembangbiakan tumbuhan dan hewan pada buku paket! (hal.52 – hal.57) 

Mahabesar Allah Yang Maha Kuasa yang telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan di Indonesia ini, sehingga kita merasakan indahnya kekayaan alam negara kita. Di negara kita, terdapat beragam jenis hewan dan tumbuhan. Apa saja jenis hewan yang ada di Indonesia? Apa saja jenis tumbuhan yang ada
di Indonesia? 

Agar keberadaan hewan dan tumbuhan tetap lestari dan tidak punah diperlukan kemampuan untuk melakukan perkembangbiakan. Apa saja macam perkembangbiakan yang kamu ketahui? Ayo, lebih bersemangat belajar supaya kamu lebih paham dan lebih mencintai makhluk hidup di sekitarmu!

Tahukah kamu bagaimana tumbuhan yang berada di sekitarmu menjadi bertambah banyak? Bagaimana tumbuhan tersebut berkembang biak atau bereproduksi? Pada bab ini akan dipelajari berbagai macam cara perkembangbiakan kelompok besar tumbuhan, yaitu tumbuhan berbiji (Spermatophyta), tumbuhan paku (Pteridophyta), dan lumut (Bryophyta). Pembahasan pada tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dibagi menjadi tumbuhan berbiji tertutup(Angiospermae) dan tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae). Penasaran bukan dengan penjelasan dan contoh setiap golongan tumbuhan? Ayo, kita pelajari pembahasannya dengan saksama!

Ayo kita simak penjelasan pada video berikut dengan baik

Di buku catatan kalian silakan lengkapi dan tambahkan 3 sampai 4  jenis tumbuhan lagi dari tabel berikut ini :

Selanjutnya kalian lakukan pembelajaran kliklah tulisan merah (google form) berikut ini : LINK

Likes:
22 5
Views:
1075
Article Categories:
IPAKELAS IX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.