TEKS REPORT / LAPORAN ( REPORT TEXT) 2

TEKS REPORT (REPORT  TEXT ) / TEKS LAPORAN 2

 

Dalam pembelajaran Teks Report 2 ini, kita tidak perlu lagi membahas apa itu Teks Report  dan ciri-ciri kebahasaannya, karena hal  ini  sudah dijelaskan pada  pembahasan Teks Report 1 . Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks dengan indikator pembelajaran yang berbeda.

 

Indikator

 

Setelah mempelajari Teks Report  ini perserta didik diharapkan dapat menentukan atau menemukan :

  • informasi tertentu ( yaitu informasi yang ditujukan dari kata tertentu dari suatu pararagraf )
  • makna kata sesuai konteks (yaitu  memberi definisi dari kata yang ditunjuk sesuai konteksnya)

Misalnya: Rabbits are small mammals with short tail, whiskers and distinctive long ears. The word mammals in this sentence means (artinya) : animals that give birth to lve babies, not  eggs, and feed its young on milk ( binatang/hewan yang melahirkan, tidak bertelur dan emberi makan bayinya dengan air susunya )

  • informasi tersirat ( yaitu informasi yang berasal dari teks secara tersembunyi atau tidak jelas )
  • pikiran utama tersirat ( yaitu kesimpulan isi paragraf )
  • inference ( yaitu kesimpulan isi teks )

 

Read and Learn this narrative text below carefully and answer the questions ! Note its expalanation ( Perhatikan penjelasannya )

 

Trees and plants are also living being. They need food, water, and air for survival. It is interesting to know how they take their food.

Plants get their food both from the aerth and the air; If you look at their roots, they are like fine fibres.We call them root hairs. They absorb water and minerals and transport them upwards to the leaves through the trunk and the branches.

Chlorophyl in the leaves prepare the food like a machine. It converts the carbondioxide taken from the air and water  from the ground  into sugar with the help of sunlight. This chemical reaction is called photosynthesis.

Sugar is further converted into starch and is stored in the plant. The minerals are converted by chemical processes into proteins, juice, oil, and other edible materials. The plants use these materials as their food for growth.

 

  1. What is the function of roots ? ? (menemukan informasi tertentu)

Sebagai jawabannya adalah kita menentukan informasi yang ada pada paragraf kedua, sebagai kata kuncinya “roots”, yaitu :      They absorb water and minerals and transport them upwards to the leaves through the trunk and the branches.

 

  1. It converts the carbondioxide taken from the air and water from the ground  into sugar with the help of sunlight. What does the underlined word mean ? (menemukan makna kata sesuai konteks )

 

Sebagai jawabannya adalah kita tentukan definisi atau arti lainnya “sugar” (gula) yaitu “sweet substances, often in the form of white or brown” (zat manis yang dibentuk dari  yang berwarna putih atau coklat)

 

  1. What are the parts of tree mentioned in  the text ? ( menemukan informasi tersirat )

Sebagai jawabannya adalah tidak tercantum secara tersurat  dalam teks yaitu bagian-bagian pohon yang disebutkan dalam teks adalah roots  (akar), leaves (daun), trunk (batang), and branches (cabang/dahan)

  1. What does the paragaph two tell us about ? (menemukan pikiran utama tersirat )

Sebagai jawabannya adalah menyimpulkan isi  paragraf terakhir yaitu : the function of roots of tree

  1. “Who is probably to write that text ? (menyimpulkan isi teks)

Sebagai jawabannya adalah kita harus menyimpulkan isi teks Siapa kira-kira yang menulis teks informasi yang rinci tersebut”. Jawabannya adalah ILMUWAN atau AHLI BIOLOGI atau AHLI ILMU TUMBUHAN

( SCIENTIST atau BIOLOGIST atau BOTANIST ) karena hanya dia yang bisa menjelaskan keadaan pohon secara detail.

 

Setelah kalian pelajari Teks Report 2 ini dan cara-cara menjawab pertanyaan-pertanyaannya, tentunya kalian paham bukan ? Kalau belum, silahkan kalian baca sekali lagi sampai benar-benar kalian paham, mintalah petunjuk kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala Yang maha Segala-galanya. Untuk kali ini tidak ada latihan dalam pembahasan Teks  Report 2 ini,  tetapi pelajari dengan lebih seksama lagi !

Nah… sekarang silakan kerjakan latihannya !

 

Huricanes are giant, spiraling tropical storms that can pack wind speeds of over 160 miles (257 kilometres) an hour and unleash more than 2.4 trilion gallons ( 9 trilion liters) of rain a day.

Huricanes begin as tropical disturbances in warm ocean  waters with surface temperature

of least 80 degrees Fahrenheit (26.5 degrees Celsius). These low pressure wind of 38 miles  systems are fed by energy from the warm seas. If a storm achieves wind of 38 miles (61 kilometers) an hour, it becomes known as a tropical depression. A tropical depression becomes a tropical storm, when its sustained wind speeds reach 74 miles (119 kilometers) an hour, it becomes a hurricane and earns a catagory rating of 1 to 5 on the Saffir-Simson

 

  1. What is the name of storm achieves wind of 74 miles an hour ?
  2. Huricanes begin as tropical disturbances in warm ocean waters with surface     temperature of least 80 degrees Fahrenheit (26.5 degrees Celsius). (Paragraph 2)

What does the underlined word mean ?

  1. What is the topic of the text ?
  2. What does the paragaph two tell us about ? (menemukan pikiran utama tersirat )
  3. “Who is probably to write that text ?

 

 

Likes:
1 0
Views:
261
Article Categories:
Bahasa InggrisKELAS IX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.